Detail Info

Desain Lampu Antik Ini Sangat Tepat Untuk Menghadirkan Kesan Hangat Dalam Rumah


 

Konsep dekorasi ruang dengan nuansa masa lalu yang terkesan antik memiliki banyak penggemar dan salah satu yang sering diburu adalah lampu. Perabot ini memang tidak hanya berfungsi sebagai sarana penerangan atau pencahayaan saja, namun juga menjadi media terbaik untuk memperindah tampilan ruang. Apalagi banyak desainya terdiri dari berbagai macam pilihan.

Desain industrial vintage

Interior yang ditata dengan konsep gaya industrial vintage biasanya dilengkapi dengan pemakaian pipa dinding dan besi mentah untuk menguatkan karakter yang ingin diciptakan. Agar terlihat lebih manis, bisa ditambah dengan lampu jadul berbentuk bohlam berukuran besar dan dipasang secara menggantung.

Desain retro

Perkembangan desain vintage dibarengi dengan konsep penataan lain yang dinamakan gaya retro yang mengalami puncak kepopuleran pada era tahun 1970. Meja dengan ukuran kecil bisa dipakai sebagai pemanis ruang. Kemudian agar terlihat lebih eksentrik, biasanya meja kecil ini ditambahi lampu duduk lengkap dengan tudung atau penutup lampu model lawas.

Deain victorian

Desain victorian merupakan desain yang berkembang sekitar tahun 1800 hingga 1900 di kawasan Eropa khususnya Inggris. Sangatlah mudah menemukan lampu antik bergaya victorian karena saat ini banyak sekali produsen yang sering membuatnya dalam berbagai ukuran. Kesan mewah selalu muncul dari penggunaan lampu model ini.

Lampu lentera

Model lampu antik lainnya yang juga selalu berhasil memunculkan nuansa jadul sekaligus mampu membuat semua orang merasa takjub adalah lampu lentera. Bentuknya bisa berupa miniatur rumah dari bahan besi kombinasi kaca bening, kemudian dipasang secara menggantung pada plafon atau menempel di dinding. Selain itu dapat diletakan di meja tetapi lampunya diganti dengan lilin.

Gaya tradisional

Jika ingin menghadirkan nuansa khas pedesaan dalam ruangan, bisa menggunakan kap lampu gaya tradisional misalnya yang terbuat dari bahan kayu atau bambu. Lampu semacam ini meski terkesan jadul tetapi tetap terlihat indah dipasang di interior bergaya modern. Melalui sistem penataan yang dilakukan secara tepat, akan menghasilkan suasana syahdu dan sejuk bagi setiap penghuni rumah. Apalagi jika ditambah dengan furniture dengan konsep desain yang sama.

Lampu gantung sentir atau teplok

Pada awal kemerdekaan, masyarakat Indonesia masih banyak yang menggunakan lampu gantung model sentir atau teplok yang ditempelkan di dinding sebagai alat penerangan. Kemudian di masa sekarang, nostalgia masa lalu ini sering dihadirkan kembali. Namun tentu saja lampu yang dipakai tidak lagi menggunakan sumbu dan minyak tanah, melainkan lampu listrik dan penggunaan lampu sentir atau teplok dijadikan sebagai tempat peletakan lampu.

Semoga penjelasan sederhana tentang pemakaian desain lampu antik di atas bisa dijadikan sebagai referensi untuk menghadirkan kesan hangat dan segar dalam penataan dekorasi ruang. Meskipun interiornya bernuansa modern, tapi dengan adanya pemilihan dan penataan yang tepat, lampu jadul tetap mampu memberi kesan istimewa bagi semua penghuni.