Detail Info

Mengenal Dekat Paviliun Dari Pengertian, Fungsi dan Teknik Pembuatannya


Jika sahabat Perumahan Fajar Group memiliki lahan yang cukup luas, dapat membuat taman dengan ukuran yang lebih besar pula. Tapi selain itu boleh pula dipakai untuk membangun paviliun. Apabila belum tahu apa itu paviliun, berikut ini penjelasan dan ulasan lengkapnya.

Pengertian dan fungsi paviliun

Paviliun adalah bangunan kecil yang letaknya berdekatan dengan hunian utama dan mempunyai fungsi yang tak jauh berbeda, menjadi tempat tinggal. Ada paviliun yang dibuat dalam satu area dengan rumah utama, tapi tidak sedikit pula yang dibuat dalam jarak beberapa meter atau berada di sekitar taman.

Sahabat Perumahan Fajar Group, Paviliun itu memiliki fungsi yang sangat beragam, sesuai dengan tujuan pemiliknya ketika mendirikan bangunan kecil tersebut. Misalnya sebagai ruang serbaguna untuk berkumpul dengan keluarga atau teman, mengerjakan tugas kerja atau kuliah, dan sebagainya.

Selain itu ada yang memanfaatkan paviliun untuk istirahat. Ketika mempunyai tujuan seperti ini, biasanya paviliun tersebut dilengkapi dengan kasur, kursi sofa, TV hingga kulkas kecil. Bahkan ada yang menambahi dengan ruang dapur yang ukurannya juga tidak terlalu besar.

Bukan itu saja, paviliun juga dapat sahabat Perumahan Fajar Group fungsikan sebagai tempat untuk menaruh barang dan perabotan bekas atau gudang. Tetapi untuk fungsi yang satu ini lebih sering berlaku jika bangunannya berada di belakang rumah utama. Apabila ada di samping atau depan rumah utama, pasti mempunyai fungsi yang lebih penting.

Tips mendirikan paviliun

Ada beberapa urusan penting yang harus jadi bahan perhitungan ketika membangun paviliun. Jangan terlalu memaksa diri jika lahannya tidak mencukupi. Keterbatasan lahan dapat menimbulkan suasana padat dalam lingkungan rumah. Sebagai alternatif, bisa membuat gazebo saja.

Apabila lahannya yang tersedia memang cukup luas, sahabat Perumahan Fajar Group harus menentukan lebih dulu tujuan pembangunannya. Apakah akan digunakan untuk ruang kerja, tempat berkumpul, bersantai atau hanya sebagai gudang saja. Jadi ketika mulai didirikan, konsep dan desain bangunannya bisa lebih mudah disesuaikan.

Untuk desainnya sendiri, bisa meniru gaya arsitektur rumah utama. Tapi apabila ingin tampilan yang berbeda dan ingin memakai gaya lain, juga tidak ada salahnya. Satu hal yang harus dimengerti, apapun gaya desain yang digunakan tampilannya harus terlihat menyatu dengan bangunan utama.

Sehingga antara rumah utama dan paviliun tetap dapat tampil bersama sebagai sebuah kesatuan hunian. Jangan sampai terjadi, rumah kecil tersebut seakan-akan merupakan bangunan lain yang tidak punya hubungan sama sekali dengan rumah utama. Jadi area sekitarnya juga perlu ditata sedemikian rupa agar tidak menimbulkan kesan ‘terpisah’.

Berikutnya yang terakhir, karena ukurannya kecil saja maka sahabat Perumahan Fajar Group harus bisa menciptakan sistem penataan yang baik di interior. Tujuannya agar tetap terasa nyaman untuk ditempati. Maka dari itu, terapkan teknik-teknik penataan interior untuk menghasilkan kesan yang lebih luas dan lapang.