Detail Info

Mengapa Setiap Hunian Perlu Diberi Ruang Terbuka?, Ini Dia Alasannya


Ketika membeli rumah, baik itu di komplek perumahan atau kawasan perkampungan dan sebagainya, pilih yang area bangunannya dilengkapi dengan ruang terbuka. Selain itu yang tidak kalah penting, ruang terbuka tersebut dapat dilalui oleh cahaya matahari dan angin. Keberadaannya mempunyai banyak manfaat demi menunjang kenyamanan penghuninya.

Sistem sirkulasi udara

Fungsi pertama dari ruang terbuka di rumah adalah agar tersedia tempat khusus untuk membuat jendela maupun bukaan lainnya dalam jumlah yang lebih banyak. Sehingga sistem sirkulasi udara bisa berjalan lancar dan ruang jadi terasa lebih segar dan sejuk. Apalagi untuk ruang dapur yang biasanya menghasilkan bau masakan, aroma tersebut tidak akan menyebar ke ruang lain.

Pencahayaan alami

Melalui jendela pula, cahaya matahari bisa masuk dan memberi penerangan dari pagi sampai sore hari. Dengan cara seperti ini konsumsi listrik tidak hanya dapat dihemat, namun juga bisa membantu meminimalkan resiko lembab dalam ruang. Hal ini sangat penting karena ketika ruang terlalu lembab, jamur dan bakteri mudah muncul.

Menciptakan kesehatan

Karena selalu dilalui oleh cahaya matahari dan udara segar, keberadaan ruang terbuka dapat membantu menciptakan sistem kesehatan yang lebih baik di lingkungan rumah. Terlebih lagi mengingat bahwa Indonesia merupakan negara yang terletak di kawasan tropis dan saat ini masih dilanda oleh kasus penyebaran covid-19.

Kebutuhan atas asupan udara segar menjadi hal penting agar tubuh jadi semakin kuat, sehingga tidak mudah tertular oleh virus corona dan penyakit lainnya. Demikian pula dengan sirkulasi cahaya yang lancar, juga bagus untuk menghindari serangan bakteri dan jamur yang sering menjadi sumber datangnya penyakit.

Menjaga privaci

Pada umumnya jendela dipasang di ruang dengan arah hadap keluar. Kadangkala hal ini membuat privaci penghuninya jadi terganggu. Tetapi dengan adanya ruang terbuka di dekat jendela tersebut, perlindungan terhadap privaci penghuni bisa lebih maksimal. Dari arah luar, kondisi ruang atau interior tidak tidak akan terlihat langsung.

Memperluas pandangan mata

Ruang terbuka juga sangat bagus untuk memperluas view atau pandangan mata dari dalam. Apalagi jika ruang terbuka ini dipakai untuk membuat taman, pasti akan lebih menarik untuk dinikmati keindahannya.

Jika terlalu lama tinggal di dalam ruang, pada umumnya orang jadi merasa jenuh dan bosan. Tetapi bila dihadapannya terpampang hamparan terbuka, niscaya rasa tersebut dapat menjadi hilang dan sirna.

Bisa dipakai membuat taman

Sebagaimana dijelaskan, ruang terbuka akan terlihat lebih menarik apabila digunakan untuk membuat taman. Pembuatan taman tidak harus selalu membutuhkan lahan luas. Jika ruang terbuka yang tersedia hanya kecil saja, dapat meletakan tanaman hias yang dimasukan dalam pot atau menggunakan konsep standing garden.

Pada akhirnya sangat disadari bahwa ruang terbuka punya peran sangat penting dalam menciptakan kenyamanan bagi anggota keluarga. Untuk itu, usahakan agar elemen ini selalu ada di setiap hunian.