Detail Info

Kembali Menjadi Tren, Inilah Kelebihan Dari Glass Block Untuk Hunian


Jendela merupakan media terbaik untuk menciptakan sistem sirkulasi cahaya alami di ruang. Tapi selain itu, masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan yang sama yaitu dengan glass block yang ditempelkan di dinding. Material ini sudah dikenal sejak puluhan tahun lalu dan saat ini mulai menjadi tren kembali.

Merupakan hal yang wajar, karena glass block sangat baik untuk menghadirkan kesan lebih terang di interior terutama siang hari. Bukan itu saja, masih banyak kelebihan lain yang dimiliki, sehingga makin banyak pula yang tertarik menggunakannya untuk dipasang di tempat hunian.

Tidak tembus pandang

Glass block dibuat dari bahan kaca, namun memiliki sifat tidak tembus pandang. Beda dengan jendela yang kadangkala masih memerlukan unsur lain untuk menjaga privaci penghuni rumah, glass block tidak membutuhkannya. Sementara itu pada sisi yang lain, elemen ini tetap mampu memasukan cahaya matahari secara maksimal.

Menambah nilai estetika interior

Tidak jauh dengan fungsi dari jendela, Glass block juga bisa dijadikan sebagai sarana menambah nilai estetika interior. Jika dulunya hanya berbentuk persegi dengan warna putih saja, saat ini mudah dijumpai glass block dengan desain dan warna yang sangat beragam. Keragaman warna ini dapat menghadirkan bias cahaya indah dalam interior.

Menahan suhu panas matahari

Meski memiliki peran untuk mengalirkan cahaya matahari, dijamin glass block tidak dapat membuat suhu ruang jadi panas. Ketebalannya yang mencapai lebih dari 11 cm menghasilkan dampak, hanya cahayanya saja yang masuk. Sedangkan suhu panasnya tetap tertahan, sehingga ruang tetap terasa nyaman dan sejuk.

Menjadi pembatas ruang

Glass block tidak hanya pantas dipasang di dinding eksterior saja, namun juga dalam ruang atau interior. Misalnya untuk ruang keluarga yang dibuat bersebelahan dengan dapur dan dapur tersebut cenderung lebih gelap karena kurang mendapat asupan sinar matahari.

Untuk mengatasi masalah ini, dapat memasang glass block pada dinding antara ruang keluarga dan dapur. Melalui sekat ini, cahaya matahari yang masuk ke ruang keluarga bisa diteruskan hingga dapur.

Hemat listrik

Setidaknya ada dua macam penghematan listrik yang dapat diperoleh ketika memakai glass block di rumah hunian. Pertama tidak perlu lagi menggunakan lampu pada pagi hingga sore hari. Kemudian yang kedua, karena kemampuannya dalam menahan suhu panas, penggunaan pendingin ruang atau AC juga bukan merupakan keharusan lagi.

Mudah dalam pemasangan dan perawatan

Glass block merupakan unsur bangunan yang sangat mudah dipasang di dinding. Hal ini bisa terjadi karena material tersebut tidak membutuhkan bahan pendukung. Proses peletakannya hanya perlu lem khusus saja untuk merekatkan kaca-kacanya.

Kemudian setelah tertempel dengan baik, glass block hanya perlu dirawat secara rutin dengan cara yang tidak kalah praktis yaitu membersihkan debu-debu yang menempel. Terakhir agar tampilannya tetap terlihat mengkilap, pakai saja cairan pembersih kaca.