Detail Info

Mempercantik Tampilan Jendela Rumah Dengan Kanopi Kain


 

Sebagai elemen rumah hunian, tampilan jendela dapat dibuat secara lebih cantik melalui berbagai macam cara. Tetapi jika ingin yang lebih unik, gunakan kanopi kain sebagai medianya. Selama ini masih jarang yang menerapkan gagasan tersebut, sehingga kehadirannya dipastikan akan memberi nuansa yang lebih istimewa. Apalagi contoh desainnya cukup banyak dan mudah diaplikasikan.

Kombinasi warna hitam putih

Hitam putih merupakan kombinasi warna yang tak pernah lekang oleh zaman. Konsep ini terlihat sangat menarik ketika diterapkan pada kain kanopi jendela. Pilih kanopi model setengah lingkaran dengan kerangka dari besi. Agar tampilannya semakin cantik, kerangka tersebut perlu dilengkapi dengan aksen berbentuk lengkungan pada bagian ujungnya.

Hijau polos bernuansa cafe

Warna hijau pada kain kanopi jendela selalu diidentikan dengan suasana cafe luar ruang. Konsep ini juga sangat bagus diterapkan pada kanopi jendela rumah, namun sebaiknya dipilih warna hijau yang nuansanya lebih terang. Apabila penampakannya terkesan terlalu kosong atau polos, tambah saja dengan garis warna putih pada tepiannya.

Quarter round

Dibanding lainnya, kanopi model quarter round perlu tempat yang lebih luas sehingga hanya cocok diaplikasikan di rumah besar. Kelebihan utamanya sangat bagus untuk menahan angin dan motif yang digunakan biasanya berbentuk garis-garis yang terdiri dari tiga jenis kombinasi warna. Agar tampilannya terlihat semakin unik, sering diberi tambahan hiasan berupa lampu dinding di sisinya.

Kombinasi coklat muda dan coklat tua

Kanopi kain dengan kombinasi warna coklat muda dan coklat tua juga sangat cocok diterapkan di jendela rumah. Terutama bagi mereka yang menyukai suasana hangat. Tampilannya akan terlihat lebih cantik dan indah jika bentuknya berupa garis-garis kecil dengan coklat muda sebagai warna dominan. Apalagi jika dinding dan daun jendelanya disapu dengan warna senada misalnya krem.

Motif anak panah

Berikutnya apabila kurang suka dengan motif garis-garis, bisa memilih model lain yang tidak kalah menarik yaitu motif anak panah. Kain kanopi dengan model seperti ini cocok dipakai oleh generasi milenial karena mampu menghadirkan kesan yang lebih kekinian. Sedangkan desain rumah terbaik untuk untuk mengaplikasikan penggunaan kain kanopi ini adalah gaya minimalis.

Hitam polos

Hitam polos adalah warna terbaik untuk mereka yang tertarik menghadirkan susana tenang di area jendela. Jika digunakan sebagai warna kain kanopi, hasilnya terlihat sangat cantik. Selain itu warna ini cocok diaplikasikan pada kanopi dengan desain apa saja. Agar kesan gelapnya dapat berkurang, kasih aksen garis warna terang seperti putih atau merah muda di pinggirannya.

Itulah beberapa contoh model kain kanopi yang bisa dipilih untuk menghasilkan kesan lebih indah pada elemen jendela di rumah hunian. Sebagai informasi tambahan, pilih kain kanopi yang dibuat dari bahan polyster tebal agar tahan terhadap pancaran sinar matahari dan siraman air hujan. Selain itu warnanya lebih awet dan tidak cepat pudar.