Detail Info

Gagasan Unik Membuat Kerajinan Dari Bahan Daur Ulang


 

Salah satu langkah paling jitu untuk menyempurnakan keindahan desain interior adalah memberi tambahan hiasan kerajinan. Untuk menghemat biaya pengeluaran, hiasan kerajinan tersebut dapat dibuat sendiri. Apalagi setiap rumah pasti memiliki banyak bahan yang bisa didaur ulang. Melalui beberapa gagasan unik, bisa tercipta aneka barang dengan tampilan yang begitu indah dan cantik.

Hiasan bantal dari piyama bekas

Piyama yang sudah tidak dipakai lagi biasanya langsung dibuang begitu saja oleh pemiliknya. Tapi jika mau berkreasi, piyama bekas ini dapat dijadikan hiasan bantal untuk kasur atau kursi. Potong dan jahit pada beberapa bagiannya, sehingga memiliki bentuk unik kemudian dikasih dakron pada bagian dalamnya. Setelah itu tinggal dijahit sekali lagi agar semua bagian tertutupi.

Vas bunga dari botol bekas

Botol bekas khususnya yang dibuat dari bahan kaca sangat bagus dirubah fungsinya menjadi vas bunga. Sebenarnya botol plastik juga bisa dimanfaatkan, tapi tampilannya terlihat kurang mewah. Caranya, potong mulut botol tersebut hingga tersisa setengahnya dengan alat khusus potong kaca. Setelah itu dapat dikasih hiasan pita agar terlihat lebih elegan.

Rak dinding dari potongan kayu

Adakalanya saat membeli kayu ukurannya terlalu panjang sehingga harus dipotong sebagian. Hasil dari potongan kayu ini tidak perlu dibuang, karena bisa dimanfaatkan untuk membuat rak dinding atau rak pajang. Caranya sangat mudah, tinggal dikasih lapisan cat netral atau cat warna kemudian direkatkan pada dinding menggunakan paku. Setelah itu dapat dipakai untuk meletakan hiasan lain seperti vas bunga dan pernak-pernik kecil lainnya.

Kursi dan pot tanaman dari ban bekas

Bagi yang memiliki kendaraan motor atau mobil, pasti juga mempunyai ban bekas. Barang ini bisa didaur ulang menjadi aneka jenis kerajinan dengan nilai manfaat yang lebih tinggi misalnya kursi duduk. Inspirasi ini sudah banyak yang mengaplikasikan sehingga menjadi semakin mudah untuk membuat tiruannya.

Selain kursi, ban bekas juga sangat bagus dijadikan pot tanaman terutama tanaman hias atau bunga. Cat ban bekas tersebut dengan warna-warna cerah atau sesuai keinginan, kemudian dikasih hiasan pita ukuran besar. Setelah itu tinggal diletakan dalam ruang dan dijadikan sebagai tempat peletakan tanaman hias yang sebelumnya sudah dimasukan dalam pot tanah liat.

Pot gantung dari botol plastik

Meski terlihat kurang bagus dijadikan vas bunga, botol bekas dari bahan plastik tetap bisa didaur ulang kembali untuk dijadikan pot gantung. Apalagi bagi mereka yang mempunyai hobi menanam aneka tanaman hias melalui sistem hidroponik. Pot gantung ini akan terlihat cantik ketika dipasang di taman vertikal dan diberi warna-warna mencolok.

Selain yang disebutkan di atas, pasti masih ada barang bekas lain yang bisa dijadikan hiasan ruang melalui konsep daur ulang. Apalagi bagi mereka yang berani mengeksplorasi gagasan beserta ide-ide cerdik unik dan cerdik, pasti akan menghasilkan kerajinan dengan nilai seni yang lebih tinggi.