Detail Info

Material Terbaik Untuk Membuat List Plafon dan Segala Kelebihannya


Tidak akan lengkap rasanya apabila plafon tidak punya lis. Sahabat Perumahan Fajar Group passti tahu bahwa elemen ini berupa sambungan yang terdapat diantara plafon dan dinding. Fungsinya adalah untuk memperindah tampilan plafon itu sendiri dan sebagai media untuk menyembunyikan celah lubang di kedua unsur interior tersebut. Adapun materialnya, terdiri dari beberapa jenis pilihan.

  1. Gypsum

Gypsum merupakan material terbaik untuk membuat gypsum. Banyak yang memilih bahan ini karena punya tampilan cantik. Khususnya untuk interior yang menggunakan gaya desain klasik atau Eropa. Bukan itu saja, lis dari gypsum juga bisa dibuat dalam berbagai bentuk sesuai keingindan dan selera seperti aksen garis, ukiran dan lainnya.

Jika diaplikasikan di ruang modern dan minimalis, juga cocok bahkan dengan ukuran besar. Apalagi jika sahabat Perumahan Fajar Group ingin menonjolkan tampilan lis, material ini paling tepat jadi pilihan utama dan pada umumnya menggunakan warna putih.

Meski demikian dibalik segala kelebihannya, lis dari gypsum juga memiliki beberapa kelemahan. Diantaranya mudah mengalami keretakan dan bersifat anti air. Sehingga saat kena rembesan air hujan dapat cepat rusak. Resiko ini bisa diminimalkan dengan cara pemasangan harus dilakukan setepat mungkin.

  1. Kayu

Selain gypsum, kayu juga sangat populer digunakan sebagai material pembuatan lis. Sebagian besar rumah bergaya etnik selalu memilih bahan ini untuk ditempelkan di plafon. Meski demikian tidak sedikit rumah bergaya modern maupun minimalis yang ikut menerapkannya dan biasanya dikasih sapuan warna lain (bukan coklat).

Agar tampilannya semakin sempurna, sahabat Perumahan Fajar Group dapat memilih dari jenis yang sama dengan elemen dari bahan kayu lainnya. Misalnya pintu, jendela, hingga plafon dan lainnya. Sehingga warna dan teksturnya juga terlihat seragam dan senada.

Tapi jika terasa silit menemukan lis dari bahan kayu yang sama, sebaiknya lis tersebut diberi lapisan warna serupa. Kemudian untuk ukurannya, pada umumnya mempunyai ukuran standar 5 hingga 6 cm. Jadi ketika ingin memakai ukuran lain, harus membuat sendiri.

  1. PVC

Kelebihan utama yang dimiliki oleh lis plafon dari PVC (Polyvinyl Chloride) adalah sifatnya yang tahan terhadap air. Selain itu juga punya kelenturan yang sangat bagus. Selain itu sangat cocok diaplikasikan pada ruang gaya minimalis dan modern karena bentuknya hanya polos saja, tidak memiliki hiasan ukiran atau lekukan.

Untuk warnanya terdiri dari banyak variasi. Sehingga sahabat Perumahan Fajar Group bisa lebih mudah memadukannya dengan warna dinding dan elemen interior lainnya. Tapi Ketika memasang lis dari bahan ini harus bisa rapat erat pada plafon dan dinding. Jika kurang rapat, debu akan mudah masuk dan nilai keindahannya akan berkurang.

Itulah ketiga jenis material yang paling sering dipilih dan dipakai untuk membuat lis plafon. Memang tidak terlalu banyak, tetapi justru akan membuat sahabat Perumahan Fajar Group menjadi tidak kebingungan saat menentukan pilihan.