Detail Info

Langkah Cerdik Ini Bisa Membuat Air Mancur Terlihat Makin Unik dan Aman


Air mancur merupakan elemen terbaik yang bisa dibuat untuk menghadirkan suasana lebih segar di taman. Agar tampilannya terlihat semakin unik dan indah, ada beberapa langkah cerdik yang dapat dilakukan oleh pemilih rumah di Perumahan Fajar Group dan komplek hunian lainnya saat membuatnya.

Penggunaan material dan ukuran

Material paling cocok untuk membuat kolam air mancur antara lain adalah batu alam, marmer, keramik, beton dan logam. Apabila taman dan air mancurnya berada dalam ruang, lebih disarankan memakai logam atau keramik. Apapun gaya desainnya, kedua bahan ini sangat mudah dikombinasikan.

Tapi jika letaknya di luar ruang, material dari beton atau batu alam merupakan pilihan terbaiknya. Meski harganya lebih mahal, namun sangat tahan terhadap pancaran panas sinar matahari atau curah air hujan sehingga lebih awet dan tahan lama.

Ukuran dan letak atau posisi

Ukuran air mancur merupakan salah satu faktor penentu keindahan taman. Jika taman yang dibuat di Perumahan Fajar Group hanya kecil saja, ukurannya tidak boleh terlalu besar dan sebaliknya. Satu hal yang perlu mendapatkan perhatian, ukuran air mancur tersebut harus proposional meski desainnya dibuat khusus karena dijadikan point of interes.

Selain itu untuk taman kecil, akan terlihat lebih bagus apabila pembuatan air mancur diletakan secara menempel di suatu dinding. Kemudian untuk taman yang dengan luas yang cukup besar, juga bisa ditempelkan pada dinding. Tapi jika ingin menghadirkan kesan elegan dan mewah, sebaiknya diletakan di bagian tengah.

Desain

Sama dengan elemen bangunan yang lain, air mancur juga memiliki gaya desain yang sangat beragam. Mulai dari gaya minimalis, modern, klasik, kontemporer hingga etnik semua boleh diaplikasikan pada pembuatan air mancur.

Meski demikian apapun gaya desain yang dipilih, pemilik rumah di Perumahan Fajar Group harus selalu menyesuaikan menurut konsep desain hunian secara keseluruhan. Sehingga tampilannya tidak hanya terlihat unik dan indah, namun juga dapat menyatu dengan area sekitarnya.

Keamanan

Agar airnya dapat muncrat ke atas, air mancur butuh alat khusus yang sistem kerjanya menggunakan tenaga listrik. Padahal sebagaimana diketahui, listrik bisa menimbulkan bahaya besar jika terkena air.

Untuk itu, faktor keamanannya harus selalu mendapat perhatian. Misalnya kabel yang dipakai, sebaiknya dimasukan dalam tanah dan jangan menggunakan kabel yang ada sambungannya. Tujuannya tidak lain yaitu untuk meminimalkan terjadinya korsleting di hunian Perumahan Fajar Group.

Selain itu sebelum dimasukan ke tanah kabel tersebut harus diberi pelindung dari pipa paralon. Kemudian untuk kedalamannya sendiri, jangan terlalu rendah. Hal ini untuk berjaga-jaga jika ada korsleting, aliran listriknya tidak mengenai orang lain.

Terakhir untuk sistem perawatannya, harus disesuaikan dengan jenis material yang digunakan. Jika memakai material logam, masalah yang paling sering muncul adalah kehadiran jamur dan gunakan cairan khusus untuk menghilangkannya. Untuk lainnya, bisa dibersihkan dengan sikat ketika lumut mulai bermunculan.