Detail Info

Lakukan Langkah Pintar Ini Agar Balkon Makin Nyaman Untuk Bersantai


Apabila ditata dengan baik dan tepat, balkon yang ada di Perumahan Fajar Group bisa berfungsi sebagai ruang semi terbuka yang sangat nyaman untuk bersantai. Di tempat ini, penghuni rumah dapat melakukan berbagai aktivitas secara bebas tanpa gangguan dari orang lain. Posisinya yang ada di lantai atas merupakan dukungan utamanya.

Mengoptimalkan fungsi dinding

Pada umumnya balkon hanya memiliki ukuran kecil saja. Sehingga jumlah barang dan perabot yang diletakan di ruang ini tidak boleh terlalu banyak. Agar masalah ini dapat diatasi dengan jitu, dinding harus dapat difungsikan secara optimal. Misalnya untuk membuat wall garden, meletakan pernak-pernik hiasan di ambalan dan sebagainya.

Menggunakan furnitur lipat

Karena luasnya yang sangat terbatas pula, pemilik balkon di Perumahan Fajar Group sebaiknya menggunakan furnitur model lipat. Terutama untuk meja dan kursi duduk. Selain hemat tempat, furnitur dengan model seperti ini akan memberi kemudahan saat ruang tersebut akan dibersihkan karena tidak sulit dipindah ke tempat lain.

Karpet bisa dijadikan alternatif terutama bagi penghuni yang lebih senang duduk dan bersantai sambil lesehan. Tapi jangan lupa, gunakan karpet yang tidak berbulu karena balkon memiliki resiko tinggi terhadap kotoran debu. Selain itu pilih juga yang mudah digulung dan bobotnya ringan.

Pemilihan material lantai

Sebagai ruang yang bersifat semi terbuka, pemilihan material lantai menjadi hal yang sangat penting. Pakai ubin tahan air dengan permukaan yang tidak terlalu licin agar tidak menimbulkan kecelakaan misalnya terpeleset ketika terkena siraman air hujan. Ubin keramik yang difinishing dengan matte, tegel dan kayu deck merupakan pilihan paling tepat.

Memasukan unsur alami

Tanaman hias tidak hanya bisa digunakan untuk memperindah taman saja. Tampilan balkon di Perumahan Fajar Group atau komplek hunian lainnya juga dapat dipercantik dengan media ini. Di ruang semi terbuka ini, penghuni rumah dapat membuat taman mungil untuk menghadirkan suasana yang lebih segar dan alami.

Pilih tanaman hias baik yang berdaun hijau segar atau yang berbunga khususnya yang membutuhkan banyak asupan cahaya matahari. Di balkon, cahaya matahari memang bisa masuk dengan bebas karena tidak ada penghalangnya. Jadi jangan pakai tanaman hias yang hanya bisa diletakan di tempat teduh saja.

Sistem pencahayaan

Sebagaimana ruang lain di Perumahan Fajar Group, balkon juga membutuhkan sistem pencahayaan yang mencukupi khususnya pada malam hari. Penghuni bisa memasang lampu tumblr atau string lights pada railing untuk menciptakan penerangan yang lebih maksimal. Selain itu lampu juga berfungsi sebagai unsur dekoratif dan dapat membuat balkon terlihat semakin manis dan indah.

Fungsi dari balkon bukan sekedar untuk melakukan aktivitas pribadi saja. Lebih dari itu, juga punya peran besar dalam menyempurnakan tampilan desain rumah baik dari sisi interior maupun eksterior. Melalui tips-tips di atas, penghuni rumah di Perumahan Fajar Group dijamin lebih mudah melakukan penataan.