Detail Info

Rumput Terbaik Untuk Menghijaukan dan Menyegarkan Taman Rumah


Tidak jauh beda dengan tamanan lainnya, rumput juga terbagi menjadi beberapa jenis. Masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda. Tapi jika ingin menghadirkan kesan yang lebih hijau dan segar khususnya bagi yang tinggal di komplek Perumahan Fajar Group, pilihan terbaiknya adalah sebagai berikut :

Rumput jepang

Rumput jepang merupakan tanaman rumput yang daunnya berbentuk kurus, tipis dan runcing. Tanaman ini bisa tumbuh subur di kawasan bersuhu tropis dan terlihat padat namun tetap rapi.

Selain itu perawatannya tidak terlalu merepotkan karena pemotongannya tidak perlu sering-sering dilakukan. Meski demikian pemiliknya tidak boleh lupa memberi pupuk secara berkala agar hijau daunnya tidak mudah menguning. Bukan itu saja, daunnya yang runcing membuat taman rumput ini kurang cocok dijadikan tempat duduk.

Rumput peking

Dilihat secara sekilas, rumput peking punya bentuk yang hampir sama dengan rumput jepang. Perbedaannya hanya terletak pada kerapatannya saja. Daunnya kurang begitu lebat namun bisa tumbuh lebih cepat. Sehingga pemangkasan harus sering dilakukan dengan pemberian pupuk cukup sekali saja setiap dua bulan.

Bagi penghuni Perumahan Fajar Group yang ruang terbukanya terkena pancaran sinar matahari secara langsung, rumput ini menjadi pilihan terbaik. Makin sering mendapat asupan sinar matahari, daunnya akan terlihat semakin hijau dan segar.

Rumput manila

Meski lebih sering dipakai di lapangan sepak bola, rumput manila juga sangat bagus digunakan untuk membuat taman di Perumahan Fajar Group maupun komplek hunian lainnya. Kelebihannya antara lain tidak mudah rusak meski sering terinjak oleh kaki.

Akan tetapi pada sisi yang lain, rumput ini memiliki kebutuhan air yang lebih banyak termasuk pupuknya. Selain itu pertumbuhannya yang cepat membuat penghuni rumah harus bisa menyediakan waktu khusus untuk melakukan pemangkasan.

Rumput gajah besar dan rumput gajah mini

Disebut gajah besar karena daunnya memiliki ukuran paling besar dibanding tamanan rumput lainnya. Selain itu sama dengan rumput manila, rumput gajah besar juga lebih tahan terhadap injakan kaki karena arah tumbuh daunnya yang menyamping.

Untuk penghuni Perumahan Fajar Group yang ingin melakukan penghematan, rumput ini pantas dipilih karena harganya lebih murah. Perawatannya juga tidak ribet, cukup disiram tiap hari Tapi apabila merasa kurang cocok, alternatifnya adalah rumput gajah mini dengan daun lebih kecil dan rapat.

Rumput golf

Rumput golf adalah tanaman rumput yang dipakai di lapangan golf dan di Indonesia lebih populer dengan sebutan rumput babat. Daunnya yang pendek dan kecil membuat rumput ini disukai oleh banyak orang. Apalagi warnanya terlihat sangat hijau, mampu menghadirkan suasana segar dalam taman.

Karena tidak terlalu banyak membutuhkan asupan sinar matahari, rumput babat lebih cocok dijadikan taman di daerah bersuhu dingin. Tapi bagi penghuni Perumahan Fajar Group yang tertarik memiliharanya, hal ini tetap bisa dilakukan. Kasih saja pelindung berupa pohon besar agar pancaran panas sinar mataharinya dapat diminimalkan.