Detail Info

Lakukan Teknik Penataan Ini Agar Hunian Punya Sifat Ramah Bagi Lansia


Selain anak-anak, adakalanya suatu hunian ditempati oleh kaum lansia atau orang tua lanjut usia. Untuk menciptakan sistem keamanan yang lebih bagus, dibutuhkan teknik tersendiri khususnya dalam urusan tata ruang dan pemilihan perabot yang digunakan. Sehingga mereka tetap merasa betah karena bisa melakukan aktivitas dengan nyaman.

Posisi kamar tidur

Kamar tidur yang dipakai oleh orang tua harus berada di suatu area yang dapat terlihat dari segala arah dan berada di lantai bawah sehingga mudah diawasi. Apabila di lantai atas, akan menimbulkan kesulitan untuk turun atau naik dan resiko terjadi kecelakaan sangatlah besar.

Selain itu jika kondisinya memungkinkan, lengkapi dengan sistem sirkulasi udara dan cahaya alami yang baik. Bagaimanapun juga hal ini sangat berpengaruh terhadap jiwa dan fisik mereka, sehingga tidak mudah sakit.

Pegangan

Selanjutnya di tempat-tempat khusus seperti kamar mandi dan area lain yang ukuran ketinggian lantainya berbeda, harus dilengkapi dengan pegangan. Sehingga saat ingin menjangkau area tersebut, tidak akan kesulitan dan dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Sistem pencahayaan dan sirkulasi udara

Tidak hanya kamar tidur saja, ruang lain yang sering digunakan oleh orang tua juga harus punya sistem pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Hindari penggunaan lampu warna-warni dan pilih yang bercahaya cerah.

Lampu yang terdiri dari lebih dari satu warna bisa memunculkan bayangan dan hal ini membuat orang tua menjadi kesulitan dalam melihat. Apalagi saat malam hari dimana kemampuan mata untuk bekerja sudah berkurang.

Demikian pula dengan sirkulasi udara. Setiap ruang harus ditata sedemikian rupa agar udara dari luar dapat bebas masuk namun tidak boleh terlalu kencang. Udara kencang akan memunculkan resiko mudah sakit dan masuk angin.

Lantai

Jika lantai rumah dilengkapi dengan karpet, usahakan tertutup secara penuh sehingga tidak ada bagian karpet yang tergulung. Gulungan karpet bisa membuat lansia mudah tersandung dan jatuh.

Selain itu usahakan agar tidak ada lantai yang mempunyai perbedaan ketinggian dan harus dipastikan bahwa permukaanya tidak licin. Jika perlu, lapisi elemen ini dengan finishing matte yang sifatnya agak kasar.

Penggunaan furnitur

Hal lain yang harus ditata di tempat hunian orang tua adalah pemakaian furnitur. Pilih yang ukurannya sesuai dengan tubuh mereka agar tidak menimbulkan masalah ketika mereka ingin menggunakannya.

Misalnya untuk kursi duduk, pilih dari bahan yang tidak terlalu lunak atau lembut tapi juga tidak boleh terlalu keras dan tidak ada bagian yang sifatnya tajam. Selain untuk melindungi mereka dari resiko sakit pinggang, juga tidak mudah menimbulkan luka.

Selanjutnya yang terakhir, warna segar selalu dapat membuat orang tua menjadi lebih tenang dan nyaman. Terutama untuk warna hijau muda, biru dan ungu terang. Bahkan menurut ahli jiwa, saat menatap warna-warna ini semangat hidup lansia akan semakin bergelora.