Detail Info

Pilihan Material Terbaik Untuk Membuat Lapisan Dinding Kamar Mandi


Dinding kamar mandi merupakan dinding yang mudah basah kena cipratan air. Selain itu karena kondisinya sering lembab, resiko adanya serangan jamur atau lumut sangat tinggi. Agar terhindar dari masalah ini, saat membuat dinding tersebut harus memakai material terbaik terutama pada bagian lapisannya.

  1. Keramik

Keramik adalah salah satu pilihan paling jitu untuk membuat lapisan dinding karena mempunyai sifat anti air dan anti lumut atau jamur. Selain itu mudah dalam perawatan dan tahan dari perubahan suhu udara. Lebih dari itu pilihan motif, warna atau corak beserta ukurannya beragam sehingga mudah disesuaikan dengan tata desainnya.

  1. Wallpaper vinyl

Sebagian besar pemilik hunian pasti tidak tertarik memakai walpaper untuk membuat lapisan dinding kamar mandi. Alasannya tentu saja karena bahan ini cepat mengalami kerusakan saat terkena cipratan air.

Namun untuk saat ini sudah tersedia wallpaper dari bahan vinyl yang bersirat anti air, sehingga bisa dihandalkan untuk mengurangi resiko jamur dan lumut. Bukan itu saja, material ini juga mudah dipasang dan dapat membuat kamar mandi jadi terlihat makin indah. Jadi sangat layak dipilih sebagai pelapis dinding.

  1. Cat semi gloss

Cat adalah material lapisan dinding paling populer di Indonesia. Alasan utama kenapa banyak orang tertarik memakainya adalah harganya yang sangat murah dan memiliki warna yang sangat beragam. Namun agar tidak mudah rusak oleh air, serangan jamur dan lumut sebaiknya memilih cat tipe semi gloss yang bersifat tahan air.

  1. Panelling

Di tanah air, panelling memang kurang begitu populer untuk dijadikan lapisan dinding kamar mandi. Meski demikian tidak ada salahnya memilih material ini, terutama pada bagian bawah dinding. Sedangkan bagian atasnya dapat dikombinasi dengan cat semi gloss.

Panelling sangat bagus untuk membuat lapisan dinding kamar mandi karena memiliki kemampuan tinggi dalam menahan siraman air. Selain itu dapat menghadirkan nuansa klasik dan akan menjadi lebih menarik lagi jika diterapkan pada kamar mandi bergaya Amerika.

  1. Tileboard

Tileboard adalah bahan lapisan dinding yang dilengkapi dengan melamin pada bagian permukaannya. Keberadaan melain ini membuat bahan tersebut sangat tahan terhadap air. Sehingga tidak mudah kena serangan jamur atau lumut. Penampakannya hampir sama dengan keramik, tapi saat dipasang akan jadi lebih mudah dan cepat prosesnya.

Karena bentuknya yang sederhana, tileboard lebih cocok dipakai di kamar mandi gaya minimalis. Agar lebih mampu menahan air, perekatannya harus dapat menutup semua bagian dinding dengan sempurna dan tidak boleh ada gelembungnya. Gunakan lem dari silikon khusus untuk membantu perekatannya.

Semoga penjelasan ini dapat membantu penghuni rumah dalam memilih bahan paling tepat untuk memberi lapisan dinding kamar mandi. Selain menyesuaikan dengan dana yang tersedia, satu hal yang tak boleh terlupakan agar lapisan tersebut awet dan tahan lama adalah perawatannya harus dilakukan secara rutin.