Detail Info

Lakukan Perawatan Ini Agar Gazebo Kayu Jadi Lebih Awet dan Terlihat Manis


 

Gazebo merupakan bagian dari eksterior yang dapat menambah nilai keindahan taman rumah. Agar keinginan ini bisa tercapai, sahabat perumahan Fajar Group harus rajin merawatnya secara rutin serta menjaganya agar lebih awet dan selalu terlihat manis dipandang mata.

Pada umumnya, gazebo dibuat dari bahan kayu atau bambu. Meski ada sebagian yang memakai material dari campuran pasir dan semen, namun biasanya tetap memasukan kedua bahan tersebut sebagai salah satu unsurnya. Sehingga sistem perawatannya juga lebih merujuk pada teknik perawatan kayu, ditambah dengan beberapa kegiatan lain.

Pengecekan dan pembersihan

Minimal setiap satu bulan sekali, lakukan pengecekan dengan tujuan untuk memantau jika ada jamur dan lumut yang tumbuh di area sekitar gazebo. Selain itu mungkin saja muncul laba-laba yang membuat sarang di sela-sela dinding, atap dan lainnya. Segera bersihkan semua kotoran tersebut agar tidak menimbulkan masalah yang lebih serius.

Pencucian

Bukan hanya membersihkan saja, ruang semi terbuka tersebut juga harus dicuci agar makin bersih. Bahkan kegiatan ini harus lebih sering sahabat Perumahan Fajar Group lakukan setiap dua minggu sekali. Cuci semua bagian dari kotoran debu dan limpahan air hujan dengan lap yang telah dibasahi sabun.

Selain itu sikat bagian yang terlihat lebih kotor menggunakan sikat lembut, sehingga tidak menimbulkan tumpukan noda. Kotoran ini biasanya lebih sering menempel pada bagian celah atap dan dinding. Apalagi jika gazebo tersebut memakai bambu sebagai material dominan.

Merapikan tanaman

Tanaman yang jarang dirawat dan tumbuh di sekitar area gazebo dapat memunculkan risiko serangan hama. Setelah itu muncul dampak lain berupa kerusakan kayu maupun bambu gazebo. Agar terhindar masalah ini sahabat Perumahan Fajar Group harus rajin melakukan pemotongan. Terlebih jika tanamannya merupakan tanaman rambat atau memiliki daun yang banyak.

Pengecatan ulang

Pengecatan ulang perlu dilakukan saat warna gazebo mulai terlihat buram dan kusam atau ada bagian yang terkelupas. Dalam kondisi normal biasanya hal ini paling sedikit harus dilakukan setiap dua hingga tiga tahun sekali, tergantung mutu cat yang dipakai.

Memberi lapisan anti air

Selanjutnya untuk menciptakan keawetan yang makin sempurna, sahabat Perumahan Fajar Group tidak boleh lupa mengasih lapisan anti air. Teruma di bagian yang mudah basah dan lembab. Sehingga risiko adanya serangan jamur dan lumut dapat dikurangi dengan maksimal.

Terakhir jika ingin memperoleh keawetan yang lebih lama, sebelum membuat gazebo pilih kayu dan bambu dengan kualitas nomor satu. Apalagi mengingat bahan ini lebih rentan terhadap perubahan cuaca, curah air hujan hingga panas sinar matahari.

Itulah beberapa tips penting yang bisa sahabat Perumahan Fajar Group lakukan untuk merawat gazebo di tempat hunian. Jika semua langkah di atas dijalankan secara benar dan tepat, ruang santai dan istirahat ini pasti akan selalu terlihat manis dan tidak cepat mengalami kerusakan.