Detail Info

Atap Fiber, Atap Hunian Modern yang Makin Terkenal di Kalangan Milenial


 

Sesuai penyebutannya, atap fiber terbuat dari fiberglass atau serat kaca dan dicampur dengan plastik atau resin sehingga strukturnya jadi semakin kuat. Sahabat Perumahan Fajar Group, atap ini sangat populer di masyarakat, khususnya bagi kalangan milenial. Tampilannya yang modern merupakan alasan utamanya.

Ada dua jenis pilihan

Atap fiber terdiri dari dua jenis pilihan dan yang pertama memiliki bentuk gelombang. Atap ini biasanya bersifat tembus cahaya dan terdiri dari berbagai pilihan warna. Oleh karena itu sering digunakan untuk membuat atap kanopi, teras dan skylight.

Atap fiber berikutnya berbentuk flat atau datar. Tipe paling terkenal dari atap ini ada dua, yaitu Glass Reinforced Polyster atau GRP dan fiberglass shingles atau sirap fiber. Jika sahabat Perumahan Fajar Group tertarik menggunakan gaya kontemporer, kedua tipe ini sangat cocok menjadi pilihan.

Ukuran

Atap fiber gelombang memiliki variasi ukuran yang cukup banyak, antara 1,5 sampai 3 meter. Sedangkan lebarnya antara 85 sampai 105 sentimeter. Adapun ketebalannya berkisar antara 1 hingga 2 milimeter. Akan tetapi meski sudah ada ukuran standarnya, ada pabrikan yang berani menawarkan ukuran custom sesuai pesanan dan permintaan.

Kemudian untuk fier sirap, pada umumnya setiap pabrikan hanya mengeluarkan satu jenis ukuran saja dengan panjang 42 sentimeter dan lebar 13 sentimeter. Ketebalannya tetap sama, 1 sampai 2 milimeter.

Kelebihan

Atap fiber merupakan atap yang harganya lebih murah dibanding atap konvensional. Selain itu strukturnya yang kuat membuat atap ini sangat awet, dapat bertahan hingga puluhan tahun, apalagi untuk tipe GRP atau sirap.

Selain itu penampilannya yang terlihat kekinian membuat atap ini makin cocok jadi pilihan bagi sahabat Perumahan Fajar Group yang berjiwa muda, khususnya generasi milenial. Apalagi warnanya yang begitu variatif menjadikan setiap orang makin suka dan tertarik memilihnya.

Tips penting menggunakan atap fiber

Selain memperhatikan berbagai kelebihannya, ketika menggunakan atap fiber harus memperhitungkan pula kekuranngannya. Penutup hunian ini meski mempunyai varian warna yang unik, namun cepat mengalami kepudaran. Apalagi untuk tipe gelombang.

Oleh karena itu pemasangannya sebaiknya dilakukan di area yang tidak bisa terkena paparan sinar matahari secara langsung. Akan tetapi untuk atap datar, boleh dipasang secara lebih bebas karena tidak terlalu kentara perubahan warnanya.

Kemudian untuk pemasangannya sendiri, sahabat Perumahan Fajar Group harus dapat melakukannya secermat mungkin. Khususnya jika memakai atap gelombang dan saat memasukan paku agar terhindar dari risiko terjadinya kebocoran.

Ketelitian yang lebih maksimal juga sangat diperlukan jika memilih tipe GRP dan tipe sirap. Apabila tidak paham tekniknya, lebih baik menggunakan jasa tukang yang lebih ahli dan berpengalaman dalam urusan pemasangan atap agar tidak terjadi kesalahan.

Jika dilakukan secara tepat sahabat Perumahan Fajar Group, pemasangan ini tidak memerlukan waktu terlalu lama. Sehingga ongkos jasanya juga lebih hemat dibanding pemasangan atap konvensional.