Detail Info

Konsep Desain Hunian Paling Ideal di Masa Pandemi Corona


Kehadiran pandemi corona tidak hanya menimbulkan masalah pada bidang kesehatan saja, tetapi juga bidang kehidupan lain termasuk konsep desain rumah hunian. Terjadi perubahan sangat signifikan sejak merebaknya virus covid 19 ini dan konsep desain baru tersebut sering dipilih untuk menunjang kualitas kesehatan bagi penghuninya.

Sistem pencahayaan

Sistem pencayahayaan terutama yang bersumber dari lampu listrik memiliki pengaruh besar terhadap penciptaan suasana ruang. Misalnya ketika harus bekerja di rumah agar terhindar dari resiko penularan corona, banyak yang merasa adanya penurunan tingkat produktivitas kerja.

Masalah ini tidak diakibatkan oleh kebiasaan menjalankan tugas kerja di kantor lalu harus pindah ke rumah. Sumbernya terletak pada pemakaian sistem pencahayaan yang kurang tepat. Produktivitas kerja tetap dapat ditingkatkan dari rumah hunian jika lebih mengandalkan pencahayaan alami dan hindari penggunaan lampu dengan sinar redup.

Ramah lingkungan

Selain menurunkan produktivitas, penggunaan lampu listrik juga sering menimbulkan dampak lain yaitu biaya tagihan yang membengkak. Jika tetap ingin memakai lampu listrik untuk bekerja, pilih lampu jenis LED agar konsumsi daya listrik bisa dikurangi.

Selain itu akan menjadi lebih bagus apabila menggunakan energi solar. Meski butuh butuh anggaran tinggi saat pertama kali menerapkan konsep ini, namun dalam jangka panjang justru lebih hemat. Apalagi energi solar bersifat ramah lingkungan dan sangat dianjurkan oleh pemerintah.

Ruang khusus untuk bekerja

Ketersediaan ruang khusus untuk bekerja telah menjadi suatu kebutuhan saat pandemi corona berjangkit dan belum ditemukan vaksinnya. Sebelumnya, ruang ini tidak perlu disediakan karena setiap pekerjaan selalu diselesaikan di tempat kerja.

Untuk hunian yang ditempati bersama keluarga, penyediaan ruang kerja sebaiknya memperhitungkan potensi gangguan yang muncul. Setiap penghuni pasti mempunyai kegiatan yang berbeda-beda dan hal inilah yang biasanya memunculkan gangguan. Karena itu ruang kerja harus disediakan secara khusus dan dibuat terpisah dari ruang lain.

Fungsi living space makin dioptimalkan

Fungsi paling utama dari living space adalah sebagai area atau ruang untuk berkumpul dan melakukan aneka kegiatan bersama anggota keluarga. Tetapi pada masa sekarang, fungsi tersebut makin dioptimalkan untuk menunjang aktivitas lain misalnya olahraga.

Sejak mewabahnya pandemi corona banyak pusat kebugaran tubuh yang tutup. Meski demikian kegiatan ini tetap bisa dilaksanakan dalam rumah. Caranya dengan merubah desain ruang keluarga atau living space dengan konsep semi terbuka agar bisa dipakai untuk berolahraga ringan.

Menonjolkan nuansa alami

Merebaknya pandemi corona telah memaksa setiap orang agar lebih sering tinggal di rumah dan acapkali memunculkan kebosanan. Setelah itu muncul gagasan baru untuk menghadirkan nuansa outdoor atau alami di tempat hunian. Teras dan taman diperluas dengan koleksi tanaman yang lebih lengkap agar perasaan jenuh dapat dhilangkan.

Melalui konsep desain hunian baru di atas, diharapkan setiap penghuninya tetap bisa bekerja dengan nyaman dan resiko penularan corona dapat dikurangi.