Detail Info

Ini Dia Cara Praktis Menyimpan Aneka Barang di Ruang Kecil


Ruang kecil akan terasa semakin sesak ketika banyak barang yang disimpan di tempat tersebut. Apalagi jika peletakannya dilakukan secara asal-asalan saja, suasana menjadi terlihat berantakan mirip kapal pecah. Tapi untungnya ada beberapa cara praktis yang bisa diterapkan dengan mudah untuk mengatasi masalah semacam ini.

Memanfaatkan ruang bawah tempat tidur

Selama ini sudah banyak yang menggunakan area bawah tempat tidur sebagai tempat untuk menyimpan berbagai jenis barang. Namun agar bisa terlihat lebih rapi, lengkapi dengan rak berkonsep built in sehingga desainnya dapat menyatu dengan tempat tidur.

Pembagian raknya disesuaikan menurut kategori barang yang disimpan dengan tujuan lebih mudah ditemukan saat dibutuhkan. Jenis barang yang paling pantas disimpan di rak ini antara lain sprei, baju piyama, selimut, sarung bantal dan perabot tidur lainnya.

Perabot dapur

Dapur adalah ruang untuk memasak. Jika rumahnya berukuran berukuran kecil saja, pasti ruang ini juga dibuat dengan ukuran yang sangat terbatas. Padahal pada sisi yang lain, peralatan memasak untuk memiliki ukuran besar dengan bentuk yang berlainan.

Untuk piring dan mangkuk bisa disimpan dengan cara ditumpuk di lemari. Sedangkan panci, wajan, pisau, dan lainnya lebih baik diletakan dengan cara digantung di dinding. Pasang gantungan dekat kompor agar tidak repot mengambil saat membutuhkan dan pilih yang terbuat dari bahan besi sehingga lebih kuat menahan beban.

Memanfaatkan area belakang pintu

Area kosong yang ada di belakang pintu dapat dipakai untuk meletakkan rak vertikal. Sandal dan sepatu merupakan barang yang sangat tepat disimpan dalam rak ini karena besarnya alas kaki ini sesuai ukuran rak tersebut. Ketika pintu dalam kondisi terbuka, ruang tetap terlihat rapi karena tidak terlihat dari luar.

Memaksimalkan fungsi ottoman chair

Ottoman chair merupakan tempat duduk tambahan yang bentuknya bundar dan sering dijadikan sandaran kaki saat sedang bersantai. Bagi yang kreatif, desain perabot ini dapat dimodifikasi dan bagian atasnya dibuat secara terpisah seperti tong sampah. Setelah itu dalamnya tinggal dipakai untuk menyimpan aneka barang.

Peralatan tata rias wajah

Setiap wanita pasti mempunyai koleksi khusus berupa peralatan tata rias wajah atau make up. Agar penyimpanannya lebih efisien serta tidak memakan tempat, gunakakan Meja rias yang kotak penyimpanan alat rias wajahnya dilengkapi dengan cermin. Cara sederhana ini terbukti sangat ampuh untuk menghemat ruang dan tempat.

Mengutamakan konsep vertikal

Secara umum, ruang kecil harus selalu mengutamakan konsep vertikal dalam urusan penyimpanan barang. Lebih utama lagi adalah penggunaan rak vertikal dengan bentuk ramping dan tinggi. Kemudian apabila ada sudut kosong di ruang tersebut, sebaiknya rak diletakan di area ini.

Sebagai tips tambahan, biasakan diri langsung membersihkan dan menyimpan barang ke tempat semula setelah dipakai. Sehingga kehadiran kotoran dan kesan berantakan dapat dihindari. Jadi meski hanya luasnya sangat terbatas, ruang kecil tetap nyaman dijadikan hunian atau melakukan berbagai kegiatan.