Detail Info

Ingin Meningkatkan Kualitas Udara Dalam Ruang? Gunakan Saja Air Purifier


Masalah yang sering muncul di rumah hunian, khususnya yang berlokasi di kawasan perkotaan yaitu kualitas udara dalam ruang yang buruk akibat dari polusi. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah menggunakan suatu alat yang dinamakan air purifier.

Sistem kerja dan manfaat

Dalam menjalankan fungsinya, air purfifier bekerja melalui sebuah mesin kipas yang berperan sebagai penghisap udara kotor. Setelah itu udara tersebut dimasukan dalam filter yang ada di belakang kipas kemudian dikeluarkan kembali dengan kualitas yang lebih bagus dan sehat.

Perabot ini mempunyai beberapa manfaat sekaligus untuk menunjang kesehatan bagi para penghuni rumah. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Menghilangkan kotoran asap

Biasanya asap muncul dari knalpot kendaraan, bakaran sampah, pabrik industri, rokok dan sebagainya. Udara yang tercemar oleh polusi ini seringkali menimbulkan dampak tidak baik bagi paru-paru dan organ pernafasan lainnya.

Untuk meminimalkan resiko tersebut, pakai air purifier yang dilengkapi dengan filter High Effiency Particulate Air atau Hepa. Filter ini sangat handal dalam membersihkan udara dari partikel asap yang sangat kecil bahkan hingga yang ukurannya mencapai 0,3 mikron.

  1. Membantu menyembuhkan alergi debu dan penyakit asma

Apabila ada penghuni rumah yang sering memiliki masalah alergi debu atau asma, air purifier dapat digunakan untuk membantu mengurangi resiko kedua penyakit tersebut. Apalagi jika kehadirannya diakibatkan dari pemakaian perabot rumah tangga seperti karpet, kursi sofa, kain korden yang biasanya menjadi tempat berkumpulnya debu.

  1. Menghilangkan bakteri dan virus udara

Tidak hanya mampu membersihkan udara dari kotoran debu saja, air purifier juga bisa diandalkan untuk menghilangkan bakteri dan virus dalam ruang. Menurut sebuah riset yang telah dilakukan oleh lembaga Retroscreen Virology Inggris, pembersih udara ini terbukti efektif menghilangkan bakteri dan virus dengan tingkat keberhasilan yang sangat tinggi.

  1. Mencegah kedatangan jamur

Ketika musim hujan mulai tiba, setiap rumah hunian pasti akan menghadapi masalah yang sama yaitu kehadiran jamur, terutama pada bagian pintu dan dinding. Gangguan ini selalu membuat ruang terlihat kotor dan tidak sehat. Tetapi melalui penggunaan air purifier, masalah semacam ini bisa diatasi dengan baik.

  1. Melenyapkan bau tidak sedap

Bau tidak sedap dalam ruangan sering muncul karena ada penghuni rumah yang suka merokok. Selain itu sumbernya juga bisa berasal dari asap masakan, kotoran binatang peliharaan dan lainnya. Ketika ini terjadi, air purifier bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut dengan hasil yang maksimal.

Semua manfaat dari air purfier ini dapat dirasakan secara optimal jika pemasangannya tepat berada di tengah ruang. Selain itu ukurannya juga harus disesuaikan dengan luas ruang. Kemudian yang terakhir pilih air purifier dengan volume udara lebih besar agar sistem pembersihan udaranya bisa berjalan lebih cepat.