Detail Info

Keramik Dinding Media Paling Tepat, Untuk Memperindah Tampilan Interior


 

Fungsi utama dari keramik adalah sebagai material penutup lantai. Tapi selain itu juga bisa dipakai untuk melapisi dinding. Bahkan saat ini sudah tersedia keramik khusus untuk dinding dan biasanya dibuat lebih tipis dengan tujuan agar lebih mudah dipasang. Selain itu motifnya lebih beragam dan sangat cocok digunakan untuk memperindah tampilan interior.

Kelebihan dari keramik dinding

Keramik dinding terbuat dari bahan yang sama dengan keramik lantai, berupa material homogen yang dibakar dengan suhu panas lebih dari 12.000 celcius. Maka sangatlah wajar apabila material tersebut memiliki ketahanan yang lebih kuat dan tidak mudah mengalami kerusakan. Apalagi jika dibanding dengan wallpaper yang mudah sobek atau cat yang warnanya mudah memudar bahkan terkelupas.

Selain itu jika dilapisi atau ditutup dengan keramik, dinding menjadi lebih mudah dirawat maupun dibersihkan. Ketika ada kotoran atau debu yang menempel, tinggal diusap dengan lap kain basah dan semua noda akan hilang seketika.

Kelebihan lainnya, melalui berbagai motif dan warna yang tersedia keramik dinding tidak hanya terlihat indah dipasang di ruang dapur atau kamar mandi seperti zaman dulu. Saat ini banyak yang tertarik menggunakan keramik dinding untuk memperindah interior lain seperti ruang tamu, ruang keluarga dan sebagainya.

Hal penting yang harus diperhatikan

Meski memiliki banyak kelebihan, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat memilih keramik dinding. Pertama yang perlu disadari, harga material ini lebih mahal. Bahkan kebutuhan dananya mencapai sekitar 2 hingga 3 kali lipat lebih tinggi dari cat warna atau wallpaper.

Bukan itu saja, pemasangannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena prosesnya lebih rumit dibanding pemasangan keramik lantai. Butuh ketelitian tinggi dan keahlian khusus agar hasil yang didapat lebih rata dan lurus. Sehingga ongkos untuk membayar tukangnya juga lebih mahal.

Selanjutnya apabila keramik yang ingin dipasang mempunyai motif, tentu pemasangannya tinggal menyesuaikan dengan motif-motif yang sudah dipilih. Tetapi sangat berbeda ketika menggunakan keramik dinding polos tanpa motif, apalagi dibuat dalam bentuk mozaik.

Agar terlihat lebih indah, terapkan teknik permainan warna antara gelap dan terang dengan pola sama sehingga terbentuk suatu gambar atau rangkaian tertentu. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan membuat desain mozaiknya lebih dulu untuk menghindari kesalahan.

Hal penting berikutnya yang tidak boleh terlupakan, pilih keramik dinding yang mempunyai sifat tahan panas dan tahan uap. Terutama sekali jika akan dipasang di dinding ruang dapur. Sedangkan untuk dinding kamar mandi, sebaiknya memiliki keramik dinding yang bersifat tahan air dan anti jamur sekaligus anti lumut.

Kemudian untuk tips yang terakhir, sesuaikan ukuran keramik dinding dengan luas ruang. Hal ini bertujuan untuk menciptakan keserasian dan keindahan yang lebih maksimal di interior. Meskipun motif dan warnanya sudah sepadan dengan konsep penataan ruang, tapi jika penentuan ukurannya tidak pas hasilnya akan terlihat kurang serasi.