Detail Info

Jenis-jenis Cat Terbaik Untuk Mewarnai Genteng Rumah di Perumahan Fajar Indah Solo


 

Tidak berbeda dengan kawasan hunian lainnya, setiap rumah di Perumahan Fajar Indah Solo selalu dilengkapi dengan atap atau genteng. Fungsi utama dari elemen bangunan ini yaitu untuk memberi perlindungan kepada semua penghuni agar tidak kepanasan atau kedinginan. Agar terlihat semakin cantik, genteng tersebut bisa diberi cat warna yang jenisnya terdiri dari beberapa macam.

 

Styrene acrylic

Sebagai pilihan pertama, dapat memakai cat genteng yang mempunyai kandungan styrene acrylic. Kandungan ini memiliki kemampuan tinggi melindungi permukaan genteng dari perubahan cuaca dan bersifat anti lumut dan jamur. Selain itu juga dapat memunculkan kesan glossy. Pemakaiannya dapat diterapkan pada genteng yang terbuat dari bahan tanah liat, genteng beton dan genteng asbes.

 

Alkyd synthetic

Selain styrene acrylic, kesan glossy juga dapat dimunculkan melalui cat genteng yang mempunyai kandungan alkyd synthetic. Tingkat ketahannya terhadap perubahan cuaca sangat tinggi dan tahan dari serangan jamur atau lumut. Lebih dari itu, cat warna dari jenis alkyd synthetic tidak hanya pas untuk memberi warna pada genteng saja, namun juga sangat bagus untuk mewarnai besi dan kayu.

 

Zinc chromoate primer

Banyak sekali bangunan rumah di perumahan Fajar Indah Solo yang didirikan dengan gaya desain minimalis. Selain itu penggunaan genteng dari bahan tanah liat mulai dikurangi dan diganti dengan genteng metal. Jika ingin mengasih warna pada genteng tipe ini, maka pilihan terbaiknya adalah memakai cat yang memiliki kandungan zinc chromate karena bisa melindungi atap rumah tersebut dari resiko korosi.

 

Acrylic resin

Jenis cat genteng berikutnya yang juga sangat baik untuk mewarnai genteng rumah adalah cat yang dilengkapi dengan kandungan resin akrilik. Cat ini dapat diaplikasikan untuk genteng yang terbuat dari bahan tanah liat, genteng asbes dan genteng beton. Tingkat ketahanannya juga sangat bagus dan mampu menghasilkan kesan glossy pada permukaannya.

 

Cat waterproof

Sesuai dengan penyebutannya, cat waterproof tahan terhadap air serta bersifat anti bocor. Jadi cat ini sangat tepat dipilih sebagai cat dasar jika ada bagian genteng yang mengalami kebocoran atau retak rambut. Selain anti bocor atau kedap air, cat ini juga bersifat elastis, anti alkali dan anti jamur. Karena itulah cat ini cocok dipakai untuk memberi warna pada genteng asbes, genteng kayu, tanah liat dan beton.

 

Vernis thinner

Cat vernis thinner merupakan cat yang dibuat dari thinner atau slovent base. Hasil akhirnya selalu terlihat glossy dan sangat kuat menahan cuaca panas atau dingin. Kelebihan lainnya, cat ini punya kemampuan tinggi menahan serangan kotoran debu sehingga tidak dapat menempel pada genteng.  Hasilnya, atap selalu terlihat bersih.

Itulah beberapa pilihan cat genteng terbaik yang dapat dipakai untuk mewarnai genteng rumah di Perumahan Fajar Indah Solo. Penggunaannya tinggal disesuaikan dengan kebutuhan, selera serta jenis genteng atau atap yang dipasang.