Detail Info

Galvalum Material Bangunan yang Anti Karat dan Pas Untuk Perumahan Fajar Indah Solo


 

Semua bangunan rumah di komplek Perumahan Fajar Indah Solo selalu didirikan dengan tingkat kesempurnaan tinggi. Materialnya selalu menggunakan kualitas terbaik dan salah satunya adalah galvalum. Material ini sering dipilih karema mempunyai sifat anti karat serta anti korusi sehingga lebih awet, tahan lama dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Apa itu galvalum?

Galvalum merupakan material bangunan yang terbuat dari bahan baja ringan dan mulai dikenalkan kepada masyarakat sekitar tahun 2000 lalu. Kandungannya terdiri dari zincalum 55%, alumunium 43,5%, silikon beserta zinc masing-masing sebesar 1,5% dan kandungan lainnya sebanyak 3,5%.

Paduan dari beberapa jenis campuran kandungan ini menjadikan galvalum sebagai material dengan bobot yang ringan tapi tetap mempunyai kekuatan yang maksimal. Tingkat ketangguhannya saat menahan beban mencapai empat kali lipat dibanding galvanis yang merupakan generasi pendahulu galvalum.

Sistem aplikasi

Galvalum sering dipakai untuk membuat rangka atap pada bangunan dan dijadikan pengganti dari rangka atap kayu. Sebagaimana diketahui, saat ini harga kayu tidak saja menjadi semakin mahal namun juga sulit dicari. Sementara itu pada sisi yang lain kayu juga mudah mengalami lapuk dan terkena serangan rayap. Masalah semacam ini tidak akan ditemui pada penggunaan galvalum.

Selain untuk membuat rangka atap rumah, banyak pula yang memilih material galvalum sebagai rangka partisi atau penyekat ruang, kanopi, struktur dinding, lapisan kubah masjid bahkan hingga pagar rumah. Material yang satu ini memang bersifat multifungsi.

Kelebihan

Dibanding material sejenis lainnya dengan fungsi yang sama, galvalum punya banyak kelebihan. Satu diantaranya yaitu daya rekatnya yang sangat fleksibel. Material ini dapat diberi lapisan segala macam cat, bahkan warnanya mampu melekat secara erat, sempurna dan tidak mudah mengelupas meski setiap hari selalu terkena pancaran sinar matahari atau curah air hujan.

Perubahan suhu juga tidak berpengaruh besar terhadap galvalum karena tahan panas hingga 300 derajat celcius. Jadi ketika digunakan di luar ruang, bisa menjadi peredam bencana kebakaran dan mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan. Selain itu galvalum mampu membuat ruangan jadi terasa sejuk dan yang tidak kalah penting, tidak membutuhkan perawatan yang rumit.

Sistem pemasangan

Meski mempunyai berbagai kelebihan, penggunaan galvalum tidak boleh dilakukan sembarangan saja. Pemasangannya hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang sudah ahli atau teknisi. Karena jika terjadi kesalahan sedikit saja, permukaannya mudah penyok dan tidak dapat difungsikan lagi secara optimal.

Selain itu berbeda dengan kayu, material galvalum tidak dapat dibentuk bahkan hanya mempunyai pilihan desain yang terbatas saja. Karena itu jasa desain bangunan juga sangat dibutuhkan apabila ingin membuat elemen bangunan dari material tersebut agar terlihat indah saat diaplikasikan.

Terkait dengan masalah ini, sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Bangunan rumah di Perumahan Fajar Indah Solo selalu dibuat dengan perhitungan cermat dan teliti, termasuk urusan estetika dan keindahan.