Detail Info

Cara Terbaik Menyiram Tanaman Hias di Taman Rumah Perumahan Fajar Indah Solo


 

Selain terlihat indah desain arsitektur bangunannya, setiap rumah di komplek Perumahan Fajar Indah Solo juga selalu dilengkapi dengan lahan terbuka. Lahan terbuka ini dapat digunakan untuk membuat taman. Bicara tentang taman, salah satu masalah yang sering muncul tetapi sangat jarang disadari oleh penghuni rumah adalah teknik penyiramannya. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat melakukan kegiatan tersebut.

Pemilihan waktu

Waktu terbaik menyiram air di taman adalah pagi atau sore hari. Tujuannya agar setiap tanaman hias yang ada di tempat tersebut bisa lebih lancar menjalankan proses fotosintetis pada siang hari. Apabila penyiraman dilakukan pada waktu siang, airnya akan lebih cepat menguap sehingga akar tanaman tidak mampu menyerap air dengan baik.

Jumlah air

Perlu dipahami, menyiram tanaman hias secara teratur dengan air yang mencukupi itu jauh lebih bagus dibanding menyiram dengan sedikit air meski frekuensinya lebih sering. Jika airnya hanya sedikit saja, akan cepat hapis karena terlanjur menguap apalagi ketika cuaca sedang panas.

Tapi pada sisi yang lain harus diingat pula ada beberapa jenis tanaman hias yang kebutuhan airnya tidak terlalu banyak seperti kaktus atau bunga anggrek. Terlalu banyak air akan membuat akar dan batangnya jadi mudah busuk.

Bagian yang perlu disiram

Bagian terpenting dari tanaman hias yang harus disiram setiap hari adalah akar, karena akar inilah yang nantinya bertugas menyerap air. Akan tetapi tidak ada salahnya menyiram semua bagian dari tanaman tersebut, terutama saat musim kemarau. Tujuannya agar batang dan daunnya tetap terasa lembab dan tidak mudah kering akibat terkena pancaran panas matahari.

Penggunaan alat bantu

Agar kegiatan penyiraman semakin mudah dilakukan, sebaiknya menggunakan alat bantu seperti selang, gayung atau alat penyiram otomatis. Satu hal yang juga perlu diperhatikan disini, gayung hanya cocok digunakan apabila jumlah tanamannya tidak terlalu banyak atau tanaman hias tersebut diletakan dalam ruang. Sedangkan selang lebih tepat dipakai jika jumlah tanaman hiasnya banyak dan penggunaan airnya mudah dikontrol apabila dilengkapi alat penyiram otomatis.

Penggunaan alat siram otomatis

Selanjutnya sebagai tips tambahan, alat penyiram otomatis juga sangat bagus dipakai apabila tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan penyiraman sendiri secara rutin. Alat siram otomatis ini bentuknya mirip dengan semprotan dan dapat berputar disegala arah dan biasanya dipasang di area tengah atau tanaman rumput sehingga bisa menyebar di semua bagian taman.

Meski terlihat sederhana, penggunaan alat tersebut tidak dapat dilakukan sembarangan dan hanya cocok dipakai apabila jenis tanaman hias yang ada di taman mempunyai kebutuhan air yang sama. Sehingga nantinya tidak akan ada tanaman yang kelebihan atau sebaliknya kekurangan air.

Jika semua tips diatas dilaksanakan secara tepat, dipastikan taman di Perumahan Fajar Indah Solo akan selalu terlihat cantik dan terasa nyaman untuk bersantai atau bermain.