Detail Info

Jangan Ragu Memilih, Inilah Kelebihan Furnitur Rumah Dari Bahan Kayu


Hampir setiap rumah hunian di Indonesia memakai furnitur dari bahan kayu. Bukan hanya yang menggunakan gaya etnik saja, tempat tinggal dengan desain modern juga banyak yang memilih material ini untuk melengkapi kebutuhan furnitur dalam setiap ruang. Tidak mengherankan, karena kayu punya banyak kelebihan dibanding bahan lainnya.

  1. Alami dan elegan

Apapun jenisnya, kayu selalu mampu menciptakan suasana alami dan elegan. Karena bahan ini memang diambil langsung dari alam tanpa melalui proses pembuatan atau produksi di pabrik.

Selain itu kayu juga bisa menghasilkan kesan elegan dan mewah apabila ditata secara baik dan benar. Bahkan mampu memunculkan efek pencahayaan yang sangat indah sehingga sangat menarik diaplikasikan dalam ruang tamu atau keluarga. Apalagi kayu merupakan bahan yang memiliki sifat menenangkan dan hangat.

  1. Mudah didapat dan banyak pilihannya

Selain bersifat alami, kayu mempunyai pilihan yang sangat beragam. Berbagai jenis kayu bisa diolah jadi furnitur seperti merbau, jati, pinus, mahoni, ramin, bangkirai dan masih banyak lagi. Masing-masing mempunyai keunggulan yang berbeda dan boleh dipilih menurut selera atau jenis furnitur yang dibuat.

Selain itu juga mudah didapat karena hampir semua wilayah di Indonesia mempunyai kayu dengan aneka karakter yang sangat istimewa. Persediaannya tidak pernah kurang sehingga berpengaruh terhadap harga beli yang terjangkau. Apalagi untuk kayu yang merupakan hasil hutan produksi.

  1. Mudah diolah dengan bentuk yang sangat beragam

Sebagai material yang sifatnya sangat fleksibel, kayu dapat digunakan untuk membuat furnitur dengan berbagai model beserta desain yang sangat beragam. Mulai dari meja, kursi, tempat tidur, penyekat ruang, lemari dan sebagainya semua bisa diciptakan dari bahan tersebut.

Lebih dari itu, keindahan furniture kayu dapat disempurnakan melalui hiasan ukiran baik secara dua dimensi atau tiga dimensi. Namun jika menginginkan tampilan yang lebih sederhana, nilai keindahan kayu tetap bisa dimunculkan dari seratnya. Terutama untuk kayu jati dan pinus yang sejak dulu sangat terkenal dengan keindahan seratnya.

  1. Cocok untuk semua desain interior

Selama ini penggunaan furnitur kayu selalu sering diidentikan dengan rumah bergaya etnik atau tradisional. Akan tetapi sebenarnya furnitur ini juga dapat terlihat menarik ketika diaplikasikan pada gaya desain interior lainnya termasuk gaya modern maupun minimalis.

Apalagi mengingat kayu adalah bahan yang mempunyai tingkatan tekstur, warna dan pola yang tidak sama. Setiap jenis kayu selalu meghadirkan nuansa estetika yang sangat apik dan sempurna. Terlebih lagi ketika pengerjaannya dilakukan oleh tukang kayu yang benar-benar ahli dan berpengalaman. Hasilnya semakin sedap dipandang mata.

Melalui penjelasan di atas, jangan ragu lagi memilih kayu sebagai bahan utama untuk setiap jenis furnitur di rumah tinggal. Hanya ada satu hal saja yang perlu mendapatkan perhatian serius. Lakukan pemilihan secara cermat dan teliti agar memperoleh kayu dengan mutu terbaik sehingga tidak mudah lapuk atau rusak dimakan rayap.