Detail Info

Jangan Bingung, Ikuti Cara Cerdas Ini Untuk Menentukan Desain Pintu Kamar


 

Sama seperti pintu utama, desain pintu kamar juga harus perlu sahabat Perumahan Fajar Group buat dengan tampilan seindah mungkin. Elemen ini memiliki pengaruh besar terhadap keseluruhan keindahan interior.

Biasanya pintu tersebut dibuat sesuai konsep desain ruang. Meski demikian terdapat beberapa cara cerdas yang perlu dilakukan untuk menciptakan kesan yang lebih cantik dan memikat.

Pemilihan material

Kayu, fiberglass, alumunium, baja dan kaca merupakan material pilihan yang sering dipakai untuk membuat pintu kamar. Masing-masing punya karakter yang tidak sama. Misalnya paduan baja dan kaca, sangat cocok untuk membuat pintu gaya minimalis kontemporer.

Sedangkan kombinasi antara alumunium dan kaca lebih tepat diterapkan pada pintu modern dan minimalis. Kemudian untuk kayu, merupakan bahan paling konvensional dan bersifat sangat luwes, sehingga dapat sahabat Perumahan Fajar Group aplikasikan pada semua model dan gaya.

Sistem penggerak

Menurut ssitem penggeraknya terdapat dua macam pintu yaitu model ayun atau swing dan model geser atau sliding. Di Indonesia, model ayun menjadi model paling populer dan biasanya dilengkapi dua engsel pada setiap kusen.

Adapun pintu model geser atau sliding, sistem gerakannya juga dilakukan dengan cara digeser dan memakai rel sebagai medianya. Rel ini ada yang dipasang di atas lantai, namun ada pula yang berada di atas pintu. Sistem yang terakhir ini merupakan model paling favorit, khususnya untuk kamar gaya minimalis.

Selain itu jika sahabat Perumahan Fajar Group ingin menciptakan tampilan yang lebih rapi dan indah, bisa memilih pintu sliding tipe pocket. Sistem ini akan membuat pintu tersebut akan masuk secara langsung dalam kantong dinding saat dibuka. Jadi sangat berbeda dengan model geser konvensional yang pintunya bergeser ke arah samping dinding.

Jumlah daun pintu

Penentuan jumlah daun pintu tidak hanya disesuaikan menurut besar kecilnya ukuran pintu saja, melainkan juga lokasi tempat peletakannya. Pintu interior dengan dua daun lebih cocok diaplikasikan pada kamar tidur utama dan kamar tersebut punya ukuran yang cukup luas. Sehingga pintunya juga berukuran lebih besar.

Lain dengan kamar mandi, sahabat Perumahan Fajar Group lebih tepat menggunakan pintu dengan satu daun saja. Kemudian untuk bahannya dapat memilih fiberglass atau alumunium jika ingin mendapat harga yang lebih hemat. Tapi apabila ingin tampilan mewah dan elegan, pilihannya adalah kaca buram.

Tampilan

Secara umum ada dua jenis tampilan pintu interior yaitu model panel dan model flush. Untuk model panel, lebih cocok diterapkan pada pintu kambar gaya tradisional, klasik dan konvensional. Sedangkan kamar modern dan minimalis, tentu saja pintu model flush adalah pilihan terbaiknya karena memiliki tampilan yang sangat kekinian.

Demikianlah panduan sederhana yang bisa sahabat Perumahan Fajar Group terapkan untuk memilih dan membuat pintu kamar atau interior. Semoga bisa memberi manfaat dan inspirasi baru untuk menghadirkan keindahan secara lebih sempurna di rumah hunian.