Detail Info

Jangan Asal Bikin, Inilah Tips Penting Membuat Teralis Jendela


 

Teralis merupakan pelengkap jendela dengan fungsi utama sebagai sarana keamanan. Karena itu sahabat perumahan Fajar Group, pembuatannya tidak boleh asal-asalan saja, agar tidak mengurangi nilai keindahan interior. Bahkan yang lebih fatal lagi, bisa menimbulkan kesan menakutkan mirip penjara karena ada kesalahan pada desainnya.

Faktor keamanan

Bentuk dan desain teralis jendela harus mampu memberi sistem keamanan yang lebih maksimal kepada semua penghuni rumah. Sehingga risiko terjadinya tindak kejahatan bisa berkurang. Biasanya penjahat akan berpikir dua kali sebelum melakukan aksinya ketika memilihat suatu rumah punya kelengkapan berupa teralis.

Selain itu sahabat Perumahan Fajar Group harus mempertimbangkan pula, desain tersebut tetap mampu memberi kemudahan bagi penghuni untuk membuka dari dalam ruang. Tujuannya untuk berjaga-jaga jika terjadi bahaya, penghuni tetap dapat keluar rumah atau melakukan evakuasi dengan cepat.

Material atau bahan

Baja atau besi dan kayu adalah material yang paling sering digunakan untuk membuat teralis jendela. Tetapi jika ingin menghadirkan sistem keamanan yang lebih optimal, pilihan terbaiknya bukan kayu melainkan baja dan besi. Bahan ini juga kurang kuat dan mudah dirusak oleh pelaku kejahatan.

Sedangkan baja dan besi, meski harganya mahal namun bisa dibentuk dalam berbagai model dan desain. Mulai dari model klasik hingga modern semua terlihat cocok ketika dilengkapi teralis baja atau besi. Sahabat Perumahan Fajar Group harus memilih yang bersifat anti karat agar tidak cepat rusak dan mudah dalam perawatan.

Gaya desain

Sebagaimana elemen lainnya, gaya desain teralis jendela harus selaras dengan konsep desain rumah secara menyeluruh. Apabila memilih model klasik, sebaiknya memakai besi tempa sebagai bahan utamanya. Bentuknya ada yang berupa silinder, batang dan pilin atau kombinasi dari ketiganya.

Biasanya model ini juga sering mempunyai hiasan berupa kuncup atau kelopak bunga dan sulur tanaman. Kemudian jika sahabat Perumahan Fajar Group ingin memakai desain klasik namun dengan bentuk yang tidak terlalu rumit, bisa merujuk pada gaya victorian.

Selanjutnya untuk desain modern dan minimalis sebaiknya lebih mengedepankan segi fungsionalitas. Adapun modelnya, biasanya didominasi dengan garis-garis tegas dan menyudut. Misalnya bar vertikal atau horizontal maupun kombinasi keduanya hingga memunculkan bentuk seperti bidang geometri.

Hal penting yang perlu menjadi perhatian saat menerapkan desain ini yaitu ketepatan bentuknya. Jangan sampai terjadi, saat melihat teralis jendela tersebut ingatan justru tertuju pada sangkar burung atau jeruji penjara. Untuk menghindari hal ini, atur jarak setiap batang dan kombinasikan dengan bar miring.

Satu hal lagi yang juga perlu dipertimbangkan, desain beserta penataan teralis jendela itu tidak boleh merusak pandangan mata ke arah luar. Jadi jangan terlalu rapat namun juga tidak terlampau jarang agar unsur keamanannya tidak berkurang.

Demikian sekilas petunjuk dan tips membuat teralis jendela berdasarkan fungsi, bahan dan gaya desain. Semoga bisa memberi manfaat bagi sahabat Perumahan Fajar Group dan selamat mencoba.