Detail Info

Cara Tepat Memilih dan Menggunakan Cat Warna Untuk Pagar Rumah


Pagar merupakan eksterior yang terletak di bagian paling depan dari sebuah bangunan rumah hunian. Untuk itu sahabat Perumahan Fajar Group harus mampu menghadirkan tampilan seindah mungkin di elemen ini. Alasannya melalui elemen ini pula penilaian seseorang akan muncul untuk pertama kali. Adapun salah satu caranya adalah dengan memilih dan menggunakan cat warna secara tepat dan benar.

Menyesuaikan dengan material

Ada beberapa jenis material terbaik untuk membuat pagar seperti alumunium, beton, besi, batu alam hingga kayu. Agar terlihat lebih indah, masing-masing dari bahan ini memerlukan jenis cat yang berbeda-beda.

Untuk pagar yang terbuat dari alumunium dan besi sebaiknya memakai cat epoxy dari minyak. Sedangkan pagar beton, pilihan terbaiknya yaitu cat aklirik. Kemudian untuk pagar batu alam, tidak membutuhkan cat karena sudah memiliki tampilan yang sangat cantik dan alami. Meski demikian harus dilengkapi lapisan anti jamur dan lumut.

Terakhir pagar kayu, sahabat Perumahan Fajar Group harus tahu jika bahan ini sangat rentan mengalami kerusakan. Khususnya dari akibat perubahan cuaca dan panas sinar matahari hingga air hujan. Agar selalu indah dan tetap awet, pakai cat yang memiliki kandungan acrylic latex.

Pemilihan warna

Secara umum, memilih cat warna itu bisa disesuaikan menurut selera. Tapi yang lebih penting lagi, harus dapat terlihat serasi dengan elemen eksterior lainnya. Jika mampu menghadirkan kerharmonisan dengan semua elemen luar rumah, tampilan pagar juga akan terlihat indah dan menjadi sebuah kesatuan yang utuh dengan semua eksterior.

Waktu terbaik untuk mengecat

Waktu terbaik untuk melakukan pengecatan adalah saat cuaca atau suhu udara sedang hangat. Kondisi ini bisa membuat cat jadi lebih mudah dan cepat mengering. Sahabat Perumahan Fajar Group tidak boleh mengecat pagar ketika cuaca lagi dingin, karena akan menghambat proses pengeringan.

Sebaliknya apabila suhu udara terlalu panas, pengeringan yang berjalan terlalu cepat akan mengakibatkan cat tidak dapat meresap dengan maksimal. Apalagi untuk pagar dari bahan kayu yang memiliki banyak serat.

Alat untuk mengecat

Kuas dan spray merupakan alat terbaik untuk mengecat, tetapi keduanya mempunyai kelebihan maupun kekurangan. Apabila menggunakan kuas, sahabat Perumahan Fajar Group akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Jika ingin cepat pakai yang ukuran lebarnya 4 inci untuk permukaan dan ukuran 1 atau 2 inci untuk bagian celah.

Selanjutnya apabila ingin prosesnya lebih cepat, bisa memakai spray gun. Akan tetapi sebelum mrmakai kuas jenis ini, pilihlah cat yang memang dibuat secara khusus untuk spray gun. Selain itu jangan mengecat saat angin sedang bertiup kencang karena dapat menimbulkan pemborosan akibat banyaknya cat yang menyiprat kemana-mana.

Kemudian sebagai tips terakhir, saat mengecat sahabat Perumahan Fajar Group harus memakai kaca mata pelindung, masker dan sarung tangan anti air. Hal ini bertujuan untuk menjaga diri agar tidak terkena partikel cat yang membahayakan kesehatan.