Detail Info

Tips Menata Teras Rumah Tipe 80 Untuk Persiapan Lebaran


Momen hari raya terutama Lebaran Idul Fitri, bagi masyarakat Indonesia dianggap sebagai waktu terbaik untuk menjalin silahturahmi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara saling berkunjung dari satu rumah ke rumah yang lain. Dalam kunjungan tersebut, tentu saja bagian bangunan rumah yang pertama kali dimasuki oleh para tamu dan kerabat adalah teras.

Karena itu, teras harus ditata sebaik mungkin agar semua tamu merasa senang dan betah. Terlebih lagi untuk teras rumah tipe 80, pasti diperlukan beberapa tips khusus karena memiliki ukuran yang lebih besar dan luas. Ketika lebaran teras ini biasanya juga akan difungsikan sebagai ruang tamu semi terbuka.

  1. Kebersihan dan kerapian

Sebagai langkah awal, bersihkan teras dari berbagai macam perabot yang sekiranya tidak dipakai saat lebaran. Misalnya meja kursi ukuran besar atau barang lain yang mudah pecah seperti hiasan keramik dan sebagainya, untuk sementara waktu sebaiknya disingkirkan serta disimpan di tempat lain.

Tindakan ini perlu dilakukan agar teras bisa menjadi terlihat makin luas dan lapang sekaligus untuk menciptakan sistem sirkulasi udara alami yang lebih baik. Apalagi jika jumlah tamu dan anggota keluarga yang hadir cukup banyak. Teras yang sudah dikosongkan dan dibersihkan ini bisa dipakai untuk duduk secara lesehan menggunakan karpet.

  1. Teknik pencahayaan

Biasanya, tamu yang hadir untuk bersilaturahmi saat lebaran lebih senang berkunjung pada siang hari. Karena teras rumah tipe 80 memiliki ukuran yang cukup luas, elemen-elemennya harus diatur sedemikian rupa sehingga tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung untuk menghindari suasana panas. Khususnya elemen atap dan kanopi.

Meski sebagian besar datang siang hari, tapi tidak sedikit pula ada sahabat dekat atau famili yang ingin bersilatuhrahmi malam hari karena ingin menikmati suasana lebaran yang lebih akrab. Untuk itu, dibutuhkan teknik pencahayaan dari lampu listrik secara maksimal agar suasananya jadi lebih terang dibanding hari-hari biasa.

  1. Tanaman hias

Kemudian untuk menghadirkan suasana yang lebih segar dan sejuk, bagian depan teras sebaiknya dikasih tanaman hias berdaun rimbun. Akan menjadi semakin cantik apabila tanaman hias tersebut merupakan tanaman berbunga. Satu hal yang perlu diperhatikan, meskipun yang dipilih merupakan tananam yang daunnya lebat, namun posisi peletakannya tidak boleh menganggu pandangan mata.

  1. Hiasan khas lebaran

Kurang lengkap rasanya ketika menata teras untuk menyambut hari lebaran, tapi tidak dilengkapi dengan pernak-pernik hiasan yang bertemakan Idul Fitri. Apalagi untuk teras rumah tipe 80, pasti lebih mudah menciptakan dekorasinya. Misalnya dengan cara membuat hiasan replika ketupat dari bahan kertas atau plastik kemudian digantungkan pada langit-langit teras.

Selanjutnya yang terakhir, jangan lupa meletakan meja kecil di beberapa sudut dan pinggiran teras untuk menaruh aneka makanan ringan khas lebaran dalam toples. Agar terlihat unik dan menarik, meja beserta toples tersebut sebaiknya juga didesain dengan tema yang sama.