Detail Info

Apa Itu Powder Room dan Bagaimana Teknik Pembuatan Desainnya?


Setiap hunian pasti selalu dilengkapi toilet karena merupakan salah satu kebutuhan utama untuk para penghuninya. Selain itu fungsinya juga sangat jelas dan setiap orang pasti memahaminya. Namun ketika ditanya tentang powder room, tidak semua orang memahami artinya, termasuk teknik pembuatan desainnya.

Pengertian powder room

Sebenarnya powder room memiliki arti dan manfaat yang hampir sama dengan kamar toilet, namun dibuat secara khusus untuk tamu yang ingin menginap. Oleh karena itu lokasi pembuatannya biasanya dibuat di belakang ruang tamu dengan jarak yang tidak terlalu berjauhan.

Sedangkan tujuan dari pembuatan powder room tidak lain adalah untuk melindungi privaci baik untuk tamu sendiri dan pemilik rumah agar tidak saling menganggu. Oleh karena punya tujuan spesifik, maka pembuatan desainnya juga harus memperhatikan beberapa aspek penting.

  1. Toilet

Toilet yang dibuat dalam powder room tidak harus mempunyai ukuran sebesar toilet yang biasanya dipakai oleh pemilik rumah agar tidak memakan tempat. Tapi pada sisi yang lain juga tidak boleh terlalu sempit agar tetap nyaman digunakan oleh tamu yang  berkunjung.

  1. Wastafel dan cermin

Wastafel merupakan perabot yang harus disediakan di powder room agar setiap tamu tidak kerepotan saat ingin membersihkan dan mencuci tangan. Demikian pula dengan cermin, juga harus ada untuk membantu mereka menyempurnakan penampilan.

Seperti yang telah dijelaskan, powder room bisa dibuat dalam ukuran kecil saja. Tapi ketika dilengkapi dengan wastafel dan cermin, posisinya harus diatur sedemikian rupa agar tidak menimbulkan kesan terlalu sempit dan gangguan lalu lalang tamu.

  1. Rak

Rak merupakan perabot yang harus tersedia dalam powder room dan memiliki fungsi sebagai tempat meletakan handuk, lap tangan dan sebagainya. Perabot ini sebaiknya diletakan di pojok ruang untuk menghemat tempat. Selain itu perhitungkan secermat mungkin agar tetap mudah dijangkau.

  1. Lantai

Powder room memang tidak difungsikan sebagai kamar mandi. Namun tidak menutup kemungkinan lantainya sering basah terkena cipratan air, baik dari toilet dan wastafel. Agar tidak licin sekaligus menghindari resiko terpeleset atau jatuh, elemen lantainya harus dibuat dari bahan yang sifatnya agak kasar.

  1. Ventilasi

Elemen berikutnya yang harus diperhatikan saat membuat powder room adalah sistem sirkulasi udara atau ventilasi. Untuk jendela, sebaiknya diletakan pada dinding bagian atas dari wastafel atau toilet. Apabila kondisinya kurang memungkinkan, bisa diganti dengan exhaust fan agar ruang yang ada didalamnya tidak mudah lembab.

  1. Aksesori

Untuk menghadirkan nuansa yang lebih menarik bagi tamu, sebaiknya powder room dilengkapi dengan hiasan atau aksesori. Mulai dari sabun cuci tangan, tisu, lampu hias hingga cermin dapat digunakan untuk memunculkan suasana tersebut.

Apalagi khusus untuk sabun cuci tangan dan tisu, memiliki manfaat besar bagi setiap tamu. Karena itulah kedua barang ini harus selalu ada dan letakan dalam wadah cantik agar tamu yang datang makin terkesan.