Detail Info

Inilah Manfaat Terpenting Dari Penggunaan Karpet di Ruang Makan


Fungsi dari karpet adalah sebagai lapisan penutup lantai dan mempercantik tampilan interior. Salah satu ruang yang paling sering diberi kelengkapan karpet pada lantainya adalah ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan. Tapi khusus untuk ruang makan, penggunaan karpet memiliki manfaat yang lebih spesifik.

Alat pelindung

Setiap ruang makan selalu mempunyai kelengkapan meja dan kursi makan. Perabot furnitur ini sering menimbulkan gesekan di lantai, terutama saat kursinya digeser atau ditarik pemakainya saat akan menyantap makanan.

Gesekan ini dapat menimbulkan goresan atau lecet pada lantai. Tetapi dengan adanya karpet yang diletakan dibawahnya, resiko kerusakan tersebut dapat dihindari. Apalagi untuk lantai kayu, penggunaan karpet menjadi sebuah keharusan. Material ini sangat rentan terhadap kerusakan akibat gesekan perabot furnitur.

Alat pemisah antar ruang

Saat ini makin banyak penghuni rumah terutama milenial yang suka membuat dapur terbuka secara menyatu dengan ruang makan. Agar pemisahan kedua ruang ini dapat terlihat secara lebih nyata, karpet dapat dijadikan sebagai pembedanya.

Konsep tata ruang ini bisa berjalan dengan baik apabila menggunakan karpet dengan warna kontras atau berlawanan dengan warna dominan di dapur. Misalnya jika ruang dapur dan ruang makan didominasi oleh biru terang, pilih karpet warna gelap seperti coklat tua, hijau tua dan sebagainya.

Menciptakan suasana nyaman

Karpet memiliki sifat lebih hangat dan segar dibandingkan lantai yang pada umumnya dibuat dari material keramik, kayu, granit dan sebagainya. Apabila ingin menciptakan suasana nyaman dalam ruang makan, penggunaan karpet merupakan suatu kebutuhan utama. Apalagi jika ruang makannya memiliki ukuran luas yang lumayan besar.

Focal point

Meski bentuknya hanya sederhana saja berupa kotak atau persegi panjang, akan tetapi karpet bisa difungsikan sebagai focal point atau daya tarik utama dalam ruang makan. Interiornya yang sebelumnya terlihat kurang menarik dapat bertambah cantik ketika berhasil memilih dan meletakan karpet yang desainnya sesuai dengan tema tata ruang.

Beberapa tips penting

Karena memiliki manfaat yang sangat beragam, maka sudah selayaknya ruang makan dilengkapi dengan karpet. Apalagi desain dan warnanya sangat beragam sehingga bisa disesuaikan menurut suasana yang ingin dihadirkan.

Misalnya jika ingin menciptakan suasana ceria, pilih yang warnanya cerah dan segar. Selain itu pilih karpet tanpa motif atau polos saja bila ruang makannya memakai gaya desain minimalis.

Kemudian untuk ukurannya, lebar dan panjangnya harus memiliki kelebihan minimal 30 sentimeter dari ukuran semua meja dan kursi di atasnya. Selanjutnya apabila meja makannya berbentuk bundar dan kursinya diletakan di sekelilingnya, sebaiknya juga menggunakan karpet bundar bukan persegi.

Memang, penggunaan karpet di ruang makan memunculkan resiko besar atas kotoran debu hingga sisa makanan. Namun melalui perawatan yang dilakukan secara rajin dan berkala, niscaya perabot dekorasi ini tetap mampu menghasilkan kesan indah dan unik di interior.