Detail Info

Ingin Membuat Ruang Kerja Dalam Rumah? Perhatikan Beberapa Tips Penting Ini


 

Kondisi lalu lintas yang sering macet dan polusi udara sering menjadi alasan utama bagi sebagian orang untuk memilih bekerja di rumah sendiri. Impian ini sebenarnya sangat mudah direalisasikan, apalagi jika ada ruang yang masih kosong. Untuk mewujudkannya ada beberapa tips penting yang harus diperhatikan agar penataan ruang kerja tersebut bisa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Posisi

Banyak sekali orang yang menggunakan sebagian kamar tidurnya untuk dijadikan sebagai ruang kerja. Selain itu tidak sedikit pula yang memanfaatkan ruang keluarga atau ruang makan dengan tujuan yang sama. Metode seperti ini harus dihindari karena dapat mengurangi konsentrasi dalam bekerja. Selain itu juga menimbulkan gangguan bagi penghuni rumah lainnya.

Karena itu sediakan ruang khusus dan ukurannya tidak harus besar dan luas. Selama bisa dipakai untuk meletakan meja dan kursi kerja dan menjalankan semua tugas, ruang kecil sudah mencukupi. Namun apabila ruang yang tersedia ternyata cukup luas, dapat dipakai untuk meletakan rak yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan buku dan arsip kerja.

Sistem sirkulasi udara dan sirkulasi orang

Meski berada di rumah ruang kerja tetap harus dilengkapi dengan sistem sirkulasi udara yang baik. Jika ruang tersebut posisinya berada di dalam dan tidak bisa mendapatkan asupan udara alami dari luar, gunakan kipas angin atau AC. Karena bagaimanapun juga sirkulasi udara sangat dibutuhkan untuk menciptakan suasana nyaman dan tidak panas untuk bekerja.

Selain itu perhatikan pula sirkulasi orang. Misalnya ketika ada orang lain atau karyawan yang ikut bekerja, maka pintu masuknya harus dibuat secara tersendiri dan tidak menggunakan pintu masuk rumah. Sehingga karyawan tersebut bisa masuk langsung tanpa menimbulkan gangguan terhadap anggota keluarga.

Perabot kerja

Perabot utama yang harus selalu ada di ruang kerja berupa meja dan kursi. Sedangkan perabot lain bisa disesuaikan menurut kebutuhan seperti komputer, lemari rak, tempat penyimpanan arsip dan sebagainya. Selain itu jangan abaikan sistem dekorasi dan penataannya agar suasana yang tercipta tetap terasa tenang dan mendukung untuk bekerja.

Karena itu alangkah baiknya apabila kebutuhan furniture terutama meja dan kursi dibuat sendiri desainnya agar lebih mudah disesuaikan dengan luas dan kondisi ruang. Bahkan jika dirasa perlu, gunakan furniture yang bersifat multi fungsi atau yang bobotnya ringan sehingga mudah dipindah-pindah menurut kebutuhan.

Sistem peletakan

Apabila sistem peletakan perabot kerja dilakukan dengan tepat, akan berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan dalam bekerja. Misalnya jika menggunakan komputer, harus diletakan dalam posisi berhadapan dengan pintu atau jendela dengan tujuan untuk menghindari silau mata saat komputer tersebut dinyalakan. Bahkan menjadi lebih bagus lagi apabila posisinya berada di samping jendela.

Melalui beberapa tips di atas, kegiatan kerja di rumah tidak hanya terasa nyaman tapi juga sangat menyenangkan. Selain itu dijamin tidak akan menghasilkan karya yang lebih bagus dan sempurna.