Detail Info

Ingin Membersihkan Kamar Mandi?, Begini Caranya



Fungsi utama dari kamar mandi yaitu untuk membersihkan tubuh sekaligus menyegarkan badan. Agar semakin nyaman digunakan kondisinya harus selalu bersih dan rapi. Sehubungan dengan hal ini, ada beberapa cara yang bisa dijalankan.

Semua jenis barang dikeluarkan

Sebelum kamar mandi dibersihkan, keluarkan semua jenis barang di ruang tersebut. Handuk dan pakaian kotor bisa dimasukan dalam keranjang. Kemudian untuk sabun mandi, shampo, sikat gigi dan sebagainya juga ikut dikeluarkan agar proses pembersihkan bisa dilakukan secara optimal.

Langit=langit

Bagian kamar mandi yang paling mudah kotor adalah langit-langit karena sering digunakan oleh laba-laba untuk membuat sarang. Untuk membersihkannya pakai sapu bertangkai panjang dan bisa dimulai dari sudut-sudutnya, lalu dilanjutkan ke bagian tengah.
3. Rak dan kabinet
Setelah langit-langit, rak dan kabinet juga ikut dibersihkan. Adapun alatnya berupa kain microfiber yang dibasahi dengan air. Bersihkan perabot tersebut dari debu dan kotoran lain agar tidak ada lagi bakteri yang menempel serta menjadi sumber penyakit. Selanjutnya, rak dan kabinet dilap sekali lagi menggunakan kain microfiber kering.

Cermin dan penyekat ruang

Hampir setiap kamar mandi selalu dilengkapi dengan cermin dan mempunyai fungsi sebagai media untuk mencuci muka. Peralatan yang dipakai untuk membersihkannya juga berupa kain microfiber basah agar semua kotoran yang menempel bisa dihilangkan. Setelah itu disemprot dengan cairan khusus dan wiper.

 Wastafel

Lanjut ke wastafel, pembersihannya dapat memakai spons yang sudah dituangi sabun pembersih. Setelah itu tinggal digosok-gosokan pada semua bagiannya, termasuk kran air. Apabila ada noda atau kotoran yang sulit dijangkau, pakai sikat gigi bekas untuk membersihkannya.

Kloset

Kloset sering memunculkan aroma tidak sedap di kamar mandi, sehingga harus menggunakan obat atau cairan khusus untuk membersihkannya. Gosok dengan sikat hingga bagian sudut paling dalam agar bau menyengat tidak muncul lagi.
Jika klosetnya berupa kloset duduk, bagian dudukan beserta sandarannya juga ikut dibersihkan. Namun apabila kloset tersebut merupakan kloset jongkok, maka bagian terpenting yang harus rajin dibersihkan adalah bagian dalam dan alas kaki.

Shower, bak mandi dan bath tub

Shower, bak mandi atau bath tub merupakan perabot kamar mandi yang berfungsi sebagai tempat untuk mengalirkan atau menyimpan air. Sebelum dibersihkan, air yang terdapat dalam bak mandi atau bath tube harus dikeluarkan. Kemudian untuk shower, pembersihannya harus dapat mencapai ke sela-sela yang sempit dengan sikat kecil.

Dinding dan lantai

Bagian terakhir dari kamar mandi yang harus dibersihkan adalah dinding dan lantai. Caranya lebih mudah, namun membutuhkan tenaga dan waktu lebih banyak. Apalagi ketika ada kerak yang harus dihilangkan. Kerak tersebut dihilangkan dengan cairan khusus pembersih kerak dan sikat.
Apabila semua langkah telah dijalankan, peralatan mandi bisa diletakan kembali di tempat semula. Tapi sebaiknya ditunggu lebih dulu hingga semua elemen yang baru saja dibersihkan sudah dalam kondisi kering.