Detail Info

Ingin Hidup Sehat? Kenali Bagian Rumah Paling Rawan Menyebarkan Kuman Penyakit


Setiap orang pasti selalu mendambakan kehidupan sehat dan bebas dari resiko serangan panyakit. Untuk menggapai keinginan tersebut, salah satu cara terbaik yang harus ditempuh tentu saja selalu menjalankan gaya hidup sehat. Selain itu yang tidak kalah penting, rumah harus dibersihkan setiap hari khususnya bagian-bagian ruang yang sering menimbulkan kuman dan bakteri penyakit.

  1. Meja dapur

Meja dapur sering digunakan untuk menaruh barang belanjaan khususnya bahan untuk membuat masakan, minyak, sisa makanan dan sebagainya. Maka tidak perlu heran banyak kuman penyakit dan bakteri yang berkembangbiak di tempat ini.

Agar kehadiran kuman dan bakteri tersebut dapat dihindari, sebaiknya meja ini harus dibersihkan setelah dipakai. Caranya gunakan lap yang dibasahi dengan cairan disinfektan dan sebelum dipakai lagi harus ditunggu lebih dulu hingga kering.

  1. Wastafel

Selain meja dapur, wastefel yang juga berada di dapur juga menjadi area yang banyak kuman dan bakterinya. Khususnya lagi area yang sering digunakan untuk menyimpan alat cuci piring berupa spons. Agar tetap aman dipakai, bersihkan wastafel tersebut menggunakan air hangat dan sabun.

  1. Keran di kamar mandi

Setiap hari, semua penghuni rumah pasti selalu memegang keran air misalnya saat mandi, gosok gigi atau cuci tangan. Jadi bukan merupakan hal yang aneh apabila keran tersebut menjadi sarang kuman penyakit karena kondisinya yang selalu lembab. Jadi ketika membersihkan kamar mandi, keran juga ikut dibersihkan.

  1. Karpet, sofa dan tirai jendela

Eleman interior yang terbuat dari kain tebal seperti karpet, sofa dan tirai jendela merupakan tempat terbaik untuk perkembangbiakan kuman bahkan tungau debu. Selain itu ada organisme salmonella, MRSA dan e-coli. Parahnya lagi semua jenis kuman dan organisme  ini sulit dihilangkan bila sudah terlanjur menempel.

Untuk mencegahnya, cuci semua jenis perabot tersebut paling sedikit sebanyak satu kali seminggu. Apalagi jika ada penghuni rumah yang mudah terkena alergi, disarankan semua perabot dari bahan kain semakin rajin dibersihkan.

  1. Saklar lampu dan gagang pintu

Banyak yang tidak menyadari bahwa saklar lampu dan gagang atau handle pintu memiliki potensi besar jadi sumber penyakit karena banyak kuman dan bakteri yang tinggal di dua tempat tersebut. Apalagi hampir tiap hari selalu ada tangan yang menempel, termasuk penghuni rumah yang pulang dari berpergian dan belum sempat cuci tangan.

  1. Area kolong

Area berikutnya yang jarang mendapat perhatian tapi sering menjadi sumber penyakit adalah area kolong seperti kolong lemari, tempat tidur, rak, bawah kulkas dan sebagainya. Area tersebut tidak saja lembab, namun juga berdebu dan gelap sehingga sering didatangi kuman dan bakteri sehingga harus sering dibersihkan dengan cara dipel.

Kuman dan bakteri memang tidak mudah terlihat, tapi bukan berarti penghuni rumah tidak dapat membasminya. Asal area-area yang disebutkan diatas rajin dibersihkan setiap waktu, pasti potensi adanya serangan penyakit bisa diminalkan.