Detail Info

Cara Murah Membuat Pewangi Alami Sendiri Untuk Mengharumkan Ruang


 

Saat menjalankan kegiatan di rumah, tidak jarang muncul masalah berupa aroma tidak sedap dari asap masakan, sampah rumah tangga, asap rokok dan sebagainya. Hal ini tentu saja membuat para penghuni merasa kurang nyaman. Untuk mengatasinya, cara terbaiknya adalah memakai pewangi atau pengharum ruang.

Selain membeli langsung di toko atau supermarket, pewangi tersebut dapat dibuat sendiri dengan bahan-bahan alami. Ongkos yang dikeluarkan tentu saja menjadi lebih hemat sekaligus aman dan sehat karena tidak mengandung bahan kimia, Jika tertarik, berikut ini beberapa contoh resepnya.

  1. Campuran vanili, rosemary dan lemon

Bagi penggemar aroma manis dan segar, sangat tepat memilih campuran bahan pengharum ruang yang satu ini. Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya terdiri dari vanili sebanyak satu sendok teh, rosemary sebanyak lima batang dan buah lemon dua butir.

Campur jadi satu ketiga jenis bahan tersebut kemudian direbus bersama dua liter air. Apabila sudah mendidih, langsung dipindahkan ke mangkuk atau gelas dan diletakan dalam ruang. Selain itu bisa pula digunakan dengan cara disemprotkan menggunakan botol semprot.

  1. Kulit jeruk lemon atau jeruk nipis

Kulit buah jeruk, khususnya dari jenis lemon dan nipis mempunyai aroma wangi yang begitu segar dan sedap saat terhirup oleh hidung. Sehingga bisa disimpulkan bahan tersebut juga dapat dipakai untuk membuat pengharum ruangan.

Caranya sangat mudah, pertama sediakan kulit jeruk lemon atau jeruk nipis secukupnya dan bagian permukaannya digores dengan pisau agar baunya bisa lebih maksimal keluar. Setelah itu dicampur bersama rempah-rempah seperti cengkih atau daun mint dan garam laut, lalu diletakan dalam suatu wadah. Selanjutnya tinggal digunakan di ruang yang sering memunculkan bau tidak sedap.

  1. Lilin arometerapi

Saat ini memang sangat mudah sekali menemukan lilin arometerapi di toko-toko. Namun apabila ingin mencoba membuatnya sendiri, hal ini sangat mudah dilakukan. Bahan yang harus disediakan hanya terdiri dari dua macam saja yaitu lilin berikut dengan sumbunya dan wangi-wangian.

Pertama, lilin dilelehkan dalam wadah panci kecil atau mangkuk alumunium, lalu diberi tambahan dari wangi-wangian yang jenisnya dapat disesaikan dengan selera seperti minyak atsiri atau bubuk kopi dan sebagainya. Setelah itu lilin dipadatkan kembali dan diberi sumbu, kemudian dinyalakan pada ruang keluarga, ruang tamu dan lainnya.

  1. Potpourri

Potpourri adalah suatu istilah yang mengandung arti wangi-wangian yang dibuat dari bahan bunga kering. Jenis bunga yang paling sering digunakan antara lain levender, mawar dan melati. Sebelum dijadikan pengharum ruang, bunga-bunga yang sudah dikeringkan tersebut dikasih minyak aroma terapi kemudian dimasukan dalam kantong kecil berpori atau mangkuk. Selain itu dapat ditambah dengan kulit jeruk atau cengkih, lalu diletakan dalam ruang.

Silahkan coba semua resep diatas dan segera rasakan khasiatnya. Dijamin semua penghuni rumah akan merasa senang dan betah berada dalam ruangan, karena sudah tidak tercium bau busuk lagi.