Detail Info

Ide Kreatif Mengoptimalkan Fungsi Ruang Kosong Bawah Tangga


 

Setiap rumah yang terdiri dari dua lantai atau lebih pasti selalu dilengkapi dengan tangga dan bagian bawahnya seringkali dibiarkan kosong begitu saja. Melalui beberapa ide kreatif, ruang kosong bawah tangga ini bisa dimanfaatkan secara optimal untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan.

  1. Lemari

Tidak jarang ada penghuni rumah yang punya hobi mengoleksi pakaian, sehingga kamarnya penuh sesak dengan berbagai ragam busana. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah ini yaitu memfungsikan ruang kosong bawah tangga untuk meletakan lemari. Bentuk beserta ukuran maupun desainnya tinggal disesuaikan dengan kondisi yang ada.

  1. Rak buku

Selain lemari pakaian, banyak pula yang menjadikan kolong atau ruang kosong bawah tangga sebagai tempat meletakan rak buku. Terutama apabila ada penghuni rumah yang masih kuliah sekolah. Sehingga buku-buku yang sebelumnya sering terlihat berserakan di berbagai tempat menjadi lebih mudah dirapikan dan disimpan di satu tempat saja.

  1. Ruang baca

Jika ruang kosong yang ada di bawah tangga mempunyai ukuran yang cukup luas, sebaiknya tidak hanya digunakan untuk meletakan lemari saja. Ada beberapa macam kegiatan yang bisa dilakukan di ruang tersebut misalnya membaca buku dan majalah. Tinggal dilengkapi dengan lampu baca dan meja kursi, maka kolong tersebut dapat dijadikan sebagai ruang baca.

  1. Ruang kerja

Selanjutnya bagi penghuni rumah yang lebih sering menjalankan tugas kerja di rumah sendiri atau tidak di kantor, ruang kosong bawah tangga juga dapat dimanfaatkan untuk menjalankan kegiatan tersebut. Apabila penataan meja beserta kursi kerjanya dilakukan secara tepat, pasti mampu menghadirkan suasana nyaman untuk bekerja atau belajar.

  1. Pantry

Biasanya penghuni rumah lebih suka meletakan bahan untuk membuat masakan dan makanan di area yang berdekatan dengan dapur. Namun apabila ruangnya terlalu sempit, bisa dipindah ke ruang bawah tangga. Intinya, kolong tersebut dapat difungsikan sebagai pantry bahkan jika ukurannya cukup luas bisa dilengkapi dengan rak untuk menyimpan bumbu.

  1. Utility room

Utility room adalah ruang khusus yang biasanya dipakai untuk meletakan berbagai peralatan kebersih rumah seperti sapu, kain pel, cairan pembersih dan sebagainya termasuk mesin cuci pakaian. Apabila ruangnya dirasa tidak mencukupi, bisa mengoptimalkan fungsi ruang bawah tangga. Meski jarang yang mengaplikasikannya, ide tetap menarik untuk dicoba.

  1. Ruang bermain anak-anak

Tangga yang besar pasti akan menyisakan ruang yang besar pula pada bagian bawahnya. jika ada penghuni yang usianya masih kanak-kanak, maka ruang ini sangat tepat dijadikan sebagai ruang bermain untuk mereka. Tinggal dilengkapi dengan penerangan dan ventilasi, anak-anak akan senang bermain di tempat tersebut.

Keterbatasan ruang di rumah hunian kadangkala justru sering memunculkan gagasan-gagasan kreatif. Penggunaan ruang kosong bawah tangga merupakan salah satu contohnya. Tapi harus dipahami, semua ide diatas hanya pantas diaplikasikan di ruang tengah atau belakang rumah. Jangan mengaplikasikannya di ruang tamu untuk menghindari kesan kurang sopan.