Detail Info

Hindari Kesalahan Ini Agar Tampilan Interior Tidak Terkesan Murahan


Setiap hunian di Perumahan Fajar Group selalu mempunyai desain interior indah dan mempesona. Namun apabila penataannya salah, kesan indah tersebut pasti akan hilang. Bahkan sebaliknya menjadi terlihat murahan. Untungnya kesalahan ini dapat dihindari melalui beberapa teknik dan cara.

Konsep desain

Ketika menata interior, sebaiknya hanya memilih satu jenis konsep saja, jangan terlalu banyak, maksimal dua konsep saja. Kombinasi yang jumlahnya lebih dari dua konsep hanya akan menghadirkan kesan ramai dan murahan dalam ruang. Banyaknya detail yang dimunculkan merupakan penyebab utamanya.

Sistem pencahayaan

Kesalahan berikutnya yang sering terjadi dalam penataan interior di Perumahan Fajar Group terletak pada sistem pencahayaannya. Contohnya, meletakan lampu di sebuah tempat yang tidak seharusnya dipakai untuk dijadikan sumber pencahayaan.

Misalnya untuk ruang tamu, pasti membutuhkan cahaya lebih terang sehingga ukuran lampunya harus dipilih yang lebih besar. Sehingga sinarnya mampu menembus semua bagian ruang. Hal ini juga berlaku untuk ruang keluarga.

Sedangkan ruang dapur, pencahayaannya juga harus terang namun tidak boleh terlalu silau terutama pada area untuk memasak. Sebaliknya ruang tidur, hanya perlu cahaya sedikit saja apalagi saat digunakan istirahat.

Penggunaan karpet

Karpet adalah salah satu media terbaik untuk menambah kecantikan tampilan interior di Perumahan Fajar Group. Tapi sayangnya, banyak penghuni yang memasang karpet dengan ukuran terlalu kecil atau sebaliknya terlalu besar. Hal ini berakibat ruang yang sebelumnya terlihat indah jadi kacau dan murahan.

Untuk itu, pilihlah karpet yang ukurannya sesuai luas ruang. Selain itu perhatikan pula furnitur yang diletakan diatasnya. Karpet harus lebih panjang dan lebih lebar sekitar 20 sentimeter dari luas penggunaan tempat peletakan furnitur. Apabila menggunakan kursi, harus memperhitungkan posisinya setelah kursi tersebut digeser untuk duduk.

Jumlah dekorasi buatan sendiri

Pasti ada penghuni Perumahan Fajar Group yang suka memajang hasil kreasi sendiri ketika mendekorasi interior. Langkah ini memang bagus karena dapat menjadi sarana untuk menunjukan sisi-sisi kreatif pembuatnya. Tapi perlu diingat, tidak semua bagian ruang dapat diisi dengan hiasan DIY (Do It Yourself).

Dekorasi hand made atau buatan tangan sebaiknya hanya berfungsi sebagai pelengkap saja. Jika ingin menonjolkan, letakan di tempat paling strategis. Setelah itu lengkapi dengan lampu sorot atau media lain agar bisa menjadi point of interest.

Ruang dapur

Selanjutnya khusus ruang dapur, juga harus ditata serapi mungkin dan pindah barang atau perabot yang sekiranya tidak penting ke tempat lain. Karena sering dipakai untuk memasak, dapur menjadi ruang yang paling mudah kotor dan berantakan.

Jadi apabila dekorasinya terlalu ramai, tidak hanya membuatnya sulit dirapikan. Lebih dari itu kesannya menjadi murahan, tidak elegan lagi. Karena itu, dapur di Perumahan Fajar Group sebaiknya hanya digunakan untuk memajang dekorasi atau perabot yang ada hubungannya dengan kegiatan memasak saja.