Detail Info

Hindari Hal Ini Saat di Ruang Dapur Agar Terhindar Dari Bahaya Kecelakaan


Sebagai ruang khusus yang biasanya dipakai untuk memasak, dapur ternyata memiliki resiko tinggi terhadap kecelakaan. Banyak yang kurang menyadari hal ini, sehingga dapat menimbulkan akibat fatal apabila tidak diantisipasi. Untuk menghindarinya, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat berada di ruang tersebut.

  1. Menuang adonan tepung dekat kompor menyala

Tepung merupakan bahan yang dapat memunculkan ledakan ketika diletakan di area bersuhu panas apalagi jika didekatnya ada api menyala. Bahkan menurut hasil sebuah penelitan, ledakannya yang berbentuk serpihan tepung punya daya yang cukup tinggi dan bisa mengakibatkan luka bakar jika mengenai tubuh orang di sekitarnya.

Jadi apabila sedang membuat masakan yang menggunakan tepung sebagai bahannya, harus dijauhkan dari kompor. Apabila ternyata tidak ada area lain yang dapat dipakai untuk membuat adonan, kompor harus dimatikan lebih dulu.

  1. Menggunakan cairan pembasmi serangga

Mungkin ada yang merasa tidak nyaman saat memasak di dapur karena ada nyamuk atau serangga lain yang berterbangan di ruang tersebut. Mereka tidak segan memakai cairan pembasmi untuk mengusir binatang pengganggu ini. Tetapi akibat yang terjadi, kompor gas langsung meledak sehingga memicu terjadinya bencana kebakaran.

Perlu disadari, cairan pembasmi serangga itu mengandung zat yang mudah terbakar ketika mengenai percikan api. Matikan lebih dulu kompor gas dan sumber api lainnya saat akan mengusir nyamuk atau serangga dengan obat cair atau semprot.

  1. Menggunakan microwave untuk mematangkan telur

Jangan sekali-sekali mematangkan telur dalam microwave, karena hal ini juga sering mengakibatkan terjadinya ledakan api. Penyebabnya adalah, telur tersebut lebih cepat memuai terutama pada bagian kuningnya. Setelah kuning telur memuai, ruang dalam cangkang menjadi penuh dan tidak muat lagi sehingga terjadilah ledakan.

Jika ingin mematangkan telur melalui microwave, harus dipecah lebih dulu kemudian dimasukan dalam wadah. Jadi pematangannya tidak dalam bentuk bulatan bersama kulit atau cangkangnya.

  1. Memasukan makanan beku dalam minyak mendidih

Tidak sedikit ada penghuni rumah yang menyimpan makanan beku dalam kulkas atau freezer dan suatu saat ingin memasaknya. Terkait dengan hal ini, salah satu kesalahan fatal yang sering terjadi adalah mereka tidak sabar dan langsung memasukan makanan beku tersebut ke dalam minyak mendidih.

Padahal butiran es yang mempunyai sifat dingin ketika bertemu dengan minyak panas dan mendidih langsung berubah menjadi gas menimbulkan ledakan. Dampaknya tentu bisa ditebak, yaitu minyak panas tersebut muncrat dan saat mengenai tubuh pasti bisa menimbulkan luka yang sangat parah.

Jika ingin mengolah makanan beku, harus butiran es-nya harus dicairkan lebih dulu. Meski kadangkala butuh waktu lebih lama, metode ini dijamin lebih aman dan tidak menimbulkan resiko terjadinya kecelakaan.

Itulah beberapa hal penting yang harus dihindari saat berada di area dapur. Kemudian sebagai tips terakhir, jangan lupa matikan kompor saat akan meninggalkan ruang ini.