Detail Info

Dukungan Penuh Dari Pemerintah Untuk Pelaksanaan Program Tapera


Satu kabar membahagiakan muncul dan pantas disambut dengan gembira oleh sahabat  Perumahan Fajar Group dan masyarakat. Pemerintah melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan dukungan penuh kepada progam Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Program ini dilaksanakan oleh BP Tapera yang bekerjasama dengan Bank BTN dan Perumnas. Beberapa waktu lalu di Jakarta telah dilakukan penandatangan kerjasama antara ketiga lembaga tersebut. Adapun sasaran utama dalam pelaksanaan program ini adalah masyarakat yang memiliki penghasilan rendah atau MBR.

Di kesempatan tersebut Khalawi Abdul Hamid, selaku Dirjen Perumahan Kementrian PUPR menyatakan bahwa pemerintah sangat optimis dengan program Tapera. Bahkan dia sangat yakin jika penyaluran jika tahap selanjutnya bisa lebih ditingkatkan.

Sahabat Perumahan Fajar Group, melalui dukungan ini diharapkan bisa memunculkan semangat baru bagi para pemangku di bidang perumahan. Khususnya program Sejuta Rumah (PSR) yang di tahap pertama dibangun sekitar 11.000 unit bangunan rumah.

Kerjasama yang sangat luar biasa

Khalawi Abdul Hamid juga menyatakan apabila kerjasama ketiga lembaga tersebut merupakan hal yang sangat luar biasa. Masyarakat bisa terbantu melalui Tapera meski hingga saat ini jumlah pembangunan rumahnya belum mencapai angka maksimal.

Selama ini BP Tapera terus berusaha melakukan penghimpunan sambil menyediakan dana untuk membiayai pembuatan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Dalam tahap pertama ini, penyaluran bantuan tersebut dilakukan di Provinsi Lampung, persisnya di Perumahan Samesta Pesawaran Residence.

Dukungan dari pihak lain

Sahabat Perumahan Fajar Group, menurut data yang dirilis oleh Dirjen Perumahan Kementrian PUPR, pada 11 Mei 2021 lalu, pelaksanaan program PSR telah mencapai 280. 490 unit. Tapi pada sisi yang lain Khalawi Abdul Hamid juga menyatakan bahwa program sejuta rumah tidak mungkin bisa dilakukan sendiri oleh kementrian PUPR.

Pelaksanaannya memerlukan dukungan maupun peran aktif dari lembaga lain seperti Pemerintah Daerah, kementrian terkait, swasta, perbankan hingga masyarakat. Khusus bagi masyarakat mereka inilah yang akan jadi penerima segala manfaat pembangunan perumahan.

Disebutkan pula, program sejuta rumah merupakan wujud usaha dari pemerintah agar bisa mengajak semua pihak yang memiliki kepentingan di bidang perumahan. Sahabat Perumahan Fajar Group juga perlu memahami jika bentuk pembangunan dari program ini tidak hanya berupa rumah tapak saja, tapi juga hunian vertikal atau rumah susun.

Menurut rencana program Tapera akan semakin ditingkatkan meski pandemi covid-19 masih terjadi. Apalagi langkah tersebut telah menjadi program strategis nasional dan sangat pro terhadap rakyat. Bahkan dalam pelaksanaannya dapat membuat lapangan kerja baru dengan adanya Program Padat Karya Perumahan.

Selain itu yang tak kalah penting sahabat Perumahan Fajar Group, di masa pandemi ketersediaan rumah layak huni tetap jadi sebuah kebutuhan mendasar bagi masyarakat. Jadi sudah selayaknya kebutuhan ini harus dipenuhi dengan tujuan menjaga imunitas dan terhindar dari resiko penularan covid-19.