Detail Info

Cara Terbaik Memilih Meja Stainless Steel Untuk Ruang Dapur


Diantara sahabat Perumahan Fajar Group pasti ada yang hobi memasak, bahkan ada pula yang profesi utamanya adalah seorang chef. Karena itu menjadi hal wajar apabila ingin memiliki heavy duty atau ruang dapur gourmet di rumah huniannya. Tujuannya antara lain mencoba resep-resep baru atau sekedar membuatkan masakan lezat bagi keluarganya.

Salah satu perbedaan antara dapur gourmet dan dapur biasa terletak pada countertop atau meja yang diletakan di ruang tersebut. Pada umumnya dapur gourmet memakai meja dari material stainless steel agar tercipta suasana yang lebih higenis dan terlihat sebagai seorang chef profesional.

Jenis stainless steel untuk meja dapur

Ada dua jenis stainless steel yang sering dipakai untuk membuat meja dapur. Pertama adalah baja dengan tipe 430 dan yang kedua tipe 304. Jika ingin mencari harga murah, sahabat Perumahan Fajar Group bisa memilih yang tipe 430. Hanya saja perlu diingat, tipe ini mudah berkarat dan terkena noda.

Sedangkan tipe 304, meski harganya lebih mahal namun kualitasnya juga lebih bagus dan bebas dari resiko karat maupun noda. Karena itu tipe inilah yang biasanya sering digunakan oleh chef profesional untuk mengisi ruang dapur gourmet mereka.

Tingkat ketebalan

Tingkat ketebalan stainless steel dinamakan gauge dan harus jadi bahan pertimbangan karena berhubungan erat dengan kapasitas pemakaian. Misalnya stainless steel dengan gauge 18, mempunyai tingkat ketebalan 1,27 mm, hanya dapat dipakai membuat meja dapur dengan pekerjaan ringan saja. Misalnya memotong sayur dan mengolah bumbu.

Jika pekerjaannnya berat seperti memotong dan mencacah daging besar, maka pilihan terbaiknya adalah memakai stainless steel gauge 14 yang tingkat ketebalannya sekitar 1,98 mm.

Dalam hal ini sahabat Perumahan Fajar Group perlu memahami bahwa semakin kecil gauge-nya maka tingkat ketebalan stainless steel tersebut justru semakin tinggi. Selain itu resiko terhadap karat dan noda juga lebih rendah.

Selain membuat masakan, meja stainless juga bisa dipakai untuk menyimpan berbagai perabot jika dilengkapi dengan laci dan rak. Tempat penyimpanan ini jauh lebih aman karena tidak bersentuhan secara langsung dengan lantai.

Model pinggiran meja

Untuk langkah terakhir sahabat Perumahan Fajar Group harus bisa menentukan model pinggiran. Meja dapur dengan pinggiran berbentuk sudut lebih cocok diletakan pada area pojok atau tempat lain yang bentuknya sama.

Sedangkan meja yang pinggirannya bulat, memiliki kelebihan mudah dibersihkan tapi hanya pantas diletakan di tengah ruang sehingga memakan tempat. Lalu untuk tipe no drip, pinggirannya punya ukuran lebih tinggi dibanding permukaan. Jadi sangat bagus untuk mengurangi resiko bahan cair yang tumpah di lantai.

Sebagai tambahan, sahabat Perumahan Fajar Group dapat melengkapi dengan perabot lain di meja stainlesss steel misalnya backplash. Sehingga dinding dapur tidak mudah terkena kuah, minyak dan lainnya. Selain itu bisa pula memilih meja beroda atau tipe chaster agar mudah dipindah-pindah saat ruang dapur dibersihkan.