Detail Info

Dibalik Keindahannya, Kumis Kucing Punya Manfaat Kesehatan Bagi Anggota Keluarga


Selaras dengan namanya, tanaman hias kumis kucing memiliki bunga dengan bentuk yang hampir sama persis dengan kumis hewan kucing. Warnanya yang putih bersih dapat menghadirkan kesan terang di taman rumah atau ruang interior dengan cara diletakan dalam vas bunga. Bahkan dibalik keindahannya, tanaman ini bisa digunakan untuk menanggulangi beberapa jenis penyakit.

Infeksi saluran kemih

Manfaat kesehatan pertama dari tanaman kumis kucing adalah untuk mengatasi infeksi di saluran kandung kemih. Ambil beberapa lembar daunnya, kemudian direbus dengan air bersih sebanyak satu gelas hingga matang, lalu diminum sebanyak tiga kali sehari pagi, siang dan sore atau malam sebelum tidur.

Rematik

Datangnya serangan rematik ditandai dengan rasa sakit pada bagian otot dan sendi karena adanya pembengkakan. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan cara yang sama. Tapi air rebusannya cukup diminum sebanyak setengah gelas saja.

Batuk

Kemudian apabila ada anggota keluarga yang mengalami batuk, dapat diredakan melalui metode yang tidak jauh berbeda. Hanya saja perebusannya harus dicampur dengan irisan jahe dan dosisnya sebanyak dua atau tiga kali sehari, masing-masing sebanyak satu gelas.

Gatal kulit karena alergi

Gatal kulit bisa disebabkan oleh alergi karena mengkonsumsi makanan tertentu misalnya hasil laut atau sea food. Selain itu cuaca panas juga sering menimbulkan akibat yang sama, terutama ketika tubuh mengeluarkan keringat. Gangguan kesehatan yang satu ini dapat diatasi dengan air rebusan daun kumis kucing dicampur temulawak, sambiloto dan meniran. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, sebaiknya ampas rebusannya ikut diminum.

Batu ginjal

Batu ginjal juga dapat disembuhkan dengan tanaman kumis kucing dan yang perlu diambil adalah bunganya. Petik bunga tersebut sebanyak tiga tangkai, kemudian direbus dengan tiga gelas air dan diminum dua kali setiap hari, pagi dan sore.

Diabetes

Penyakit berikutnya yang bisa diatasi dan disembuhkan dengan daun tanaman kumis kucing adalah diabetes. Kandungan yang terdapat di daun tersebut diyakini dapat dimanfaatkan untuk mengatur kadar glukosa dan diabetas secara aman dan efektif. Ambil dua genggam daun tanaman ini, setelah itu direbus dengan satu gelas air dan diminum satu kali saja sehari, namun harus dilakukan secara rutin tanpa jeda.

Darah tinggi

Daun kumis kucing memiliki kandungan zat khusus yang dinamakan methylripariochromene. Zat ini menurut hasil penelitian, punya kemampuan besar untuk mengurangi resiko darah tinggi karena bersifat diuretik.

Maksud dari diuretik adalah meningkatkan aliran urine melalui pelemahan otot-otot yang terletak di dinding pembuluh internal. Minum air rebusan daun ini sebanyak dua atau tiga kali sehari dan penyakit darah tinggi akan berkurang secara perlahan-lahan.

Melihat manfaatnya yang begitu besar untuk menjaga kesehatan anggota keluarga, maka memilih tanaman hias kumis kucing sebagai isian taman rumah menjadi sebuah keputusan paling bijaksana. Apalagi proses pengembangbiakan beserta perawatannya sangat mudah dilakukan.