Detail Info

Ciptakan Suasana Asri di Rumah Melalui Berbagai Jenis Tanaman Pakis


 

 

Meski tidak menghasilkan bunga, tanaman pakis atau paku sering dijadikan sebagai tanaman hias. Karena selain mudah dirawat, tanaman ini mempunyai bentuk daun yang unik dan warnanya yang hijau segar dianggap dapat menciptakan suasana sejuk dan asri di rumah hunian. Apalagi tanaman ini tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, tapi ada beberapa macam yang bisa dipilih sesuai selera.

Pakis kelabang

Salah satu jenis tanaman hias pakis yang sangat populer di Indonesia adalah pakis kelabang atau nephrolepis. Pakis jenis ini sangat cocok dijadikan tanaman hias interior karena tetap bisa tumbuh subur meski jarang terkena pancaran sinar matahari. Nilai kecantikan beserta keunikannya terletak pada bentuk daunnya yang sangat mirip dengan hewan kelabang.

Pakis boston

Nama ilmiah dari tanaman hias pakis boston adalah nephrolepis dan sering disebut sebagai pakis pedang. Tanaman hias ini sangat terkenal dengan kemampuannya saat beradaptasi terhadap segala perubahan iklim. Ukurannya tergolong besar mencapai 1,5 meter dan lebih pantas dijadikan hiasan taman ekstrior. Daunnya berupa daun siri tunggal dan memiliki bentuk seperti pedang.

Bambu air

Meski memiliki label ‘bambu’ akan tetapi bambu air bukan merupakan tanaman bambu dan masuk dalam keluarga pakis dengan nama ilmiah equisetum hyemale. Bentuknya memang mirip dengan pohon bambu, namun ketinggian maksimalnya hanya sekitar 3 meter saja. Pada umumnya tanaman ini dijadikan tanaman pagar dan memiliki penampilan yang sangat unik. Pada setiap ruasnya selalu ada lingkaran coklat terang seperti cincin.

Pakis kulit

Selain pakis kelabang, pakis kulit juga sangat terkenal di tanah air. Tanaman hias yang mempunyai nama ilmiah leatherleaf fern ini sering dimanfaatkan sebagai pelengkap rangkaian bunga. Daunnya yang kecil bergerigi dan bertulang punya bentuk seperti jari. Selain itu warna hijaunya yang terlihat pekat selalu mampu menghadirkan susana sejuk di rumah.

Pakis sarang keriting

Nama lain dari pakis sarang keriting adalah bird’s nest fern dan disebut demikian karena daunnya memang berbentuk keriting dengan penampakan mirip sarang burung. Tanaman yang mempunyai nama ilmiah asplenium nidus ini bisa tumbuh subur di tempat dingin maupun panas, bahkan dapat diletakan dalam ruangan.

Pakis suplir

Pakis suplir adalah tanaman hias yang sangat terkenal dengan sebutan maidenhair fern. Harganya lebih mahal dibanding jenis pakis lainnya, karena jarang dijumpai dan hanya bisa tumbuh di tempat yang lembab saja. Selain itu juga tidak tahan terhadap panas sinar matahari, sehingga lebih cocok dijadikan tanaman hias dalam ruang saja. Meski demikian bentuk daunnya sangat unik dan cantik, sedap dipandang mata.

Melalui konsep penataan yang tepat dan perawatan yang teratur, semua jenis tanaman pakis dapat menghadirkan suasana menyegarkan di lingkungan rumah. Karena itu tidak ada salahnya memilih tanaman hias yang satu ini untuk menciptakan kenyamanan yang lebih maksimal di tempat hunian.