Detail Info

Cara Tepat Menata Kamar Mandi Kecil Agar Tampak Lebih Besar dan Lapang


 

Luas lahan yang terbatas tidak hanya berpengaruh terhadap ukuran ruang tamu, ruang keluarga dan kamar tidur hingga dapur. Kamar mandi ikut merasakan dampaknya dan ukurannya menjadi kecil sehingga terlihat sempit. Meski demikian, ada beberapa cara tepat dan jitu untuk menghadirkan kesan lebih besar dan lapang di ruang tersebut.

Posisi saniter

Saniter adalah aneka perangkat yang digunakan di kamar mandi seperti shower, bak mandi, kloset, wastafel dan sebagainya. Atur semua perangkat tersebut agar posisinya tidak berada persis di depan pintu. Alasannya tidak hanya berhubungan dengan urusan keindahan saja, melainkan juga menghindari kesan sesak dan penuh.

Ketika kamar mandi dibuka, sebaiknya yang terlihat pertama kali adalah dinding yang bentuknya polos. Tetapi jika keadaan tidak memungkinkan, cukup wastafel saja yang ada di area sekitar pintu. Dengan cara seperti ini, kamar mandi akan terkesan luas dan tidak sempit lagi.

Menggunakan warna terang dan cerah

Penerangan yang mencukupi akan membuat kamar mandi yang tadinya kecil menjadi terlihat lebih lebar. Apalagi jika menggunakan lampu dengan sinar warna putih. Lalu untuk memunculkan suasana yang semakin luas, usap dinding dan elemen lain dengan cat warna terang dan cerah seperti putih, krem atau biru muda.

Jika ingin menghadirkan kesan indah, dapat memakai wallpaper khusus kamar mandi di sebagian dinding. Tapi jangan lupa, pilih yang motifnya simpel dan sederhana saja. Jangan memakai wallpaper yang motifnya terlalu ramai karena akan membuat ruang jadi terasa penuh.

Menggunakan cermin

Cermin merupakan sarana terbaik untuk menciptakan suasana luas pada semua ruang termasuk kamar mandi melalui efek pantulnya. Karena itu jangan sungkan memakai perabot ini di beberapa area tertentu. Misalnya di atas wastafel, bagian belakang pintu atau dinding.

Menggunakan shower

Salah satu kelebihan utama dari shower adalah menghemat penggunaan air dibanding dengan bak mandi. Selain itu yang tidak kalah penting, alat ini bersifat hemat tempat, karena sistem instalasinya tertanam dalam dinding. Jauh berbeda dengan bak mandi yang membutuhkan area minimal 1,5 meter persegi untuk pemasangannya.

Hanya saja saat menggunakan shower, jangan lupa memperhatikan jalur pipanya agar airnya bisa mengalir dengan lancar dan tidak mudah tersumbat. Selain itu hindari pemakaian material yang sifatnya masif. Misalnya partisi kaca untuk batas dinding, bisa diganti dengan shower curtain yang lebih praktis.

Singkirkan barang yang tidak terpakai

Harus selalu disadari, kamar mandi apalagi yang ukurannya sempit bukan merupakan tempat untuk meletakan aksesori dan hiasan interior. Jadi jangan ragu menyingkirkan benda-benda yang sekiranya tidak pernah dipakai dan tidak ada hubungannya dengan kegiatan mandi. Keberadaannya hanya menghasilkan kesan padat dan sumpek saja.

Melalui penataan yang baik, kamar mandi kecil tetap terasa nyaman digunakan untuk membersihkan diri. Semua tips di atas menjadi langkah terbaik dan dapat diterapkan dengan mudah oleh penghuni rumah.