Detail Info

Cara Sehat Memilih Kasur Untuk Anggota Keluarga di Perumahan Fajar Indah Solo


 

Perumahan Fajar Indah Solo merupakan perumahan yang sangat terkenal dengan lingkungannya yang bersih dan sehat. Apabila ingin mendambakan kualitas kehidupan yang lebih sehat lagi, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah memilih kasur untuk semua anggota keluarga secara tepat dan benar. Bagaimanapun juga, kualitas tidur juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan.

Posisi tidur yang baik dan tidak baik

Posisi tidur terbaik adalah dengan terlentang. Hal ini tidak hanya berlaku untuk orang dewasa saja, melainkan juga bayi dan anak-anak. Dengan posisi terlentang, tulang belakang akan mendapatkan kekuatan penuh dalam menahan beban tubuh.

Tetapi apabila memiliki gangguan misalnya mendengkur, punya penyakit asam lambung dan sleep apnea atau masalah pernafasan saat tidur, posisi terbaiknya tetap terlentang. Namun untuk bagian tangan dan kaki harus diposisikan lebih rapat. Kemudian untuk bantalnya, sebaiknya dipilih yang tipis saja agar tulang belakang kepala hingga bagian ekor bisa sejajar.

Jangan sekali-sekali tidur dalam posisi tengkurap karena akan membuat tulang depan jadi tertekan dan menimbulkan masalah serius terhadap sirkulasi pernafasan. Demikian pula dengan tidur dalam posisi kepala lebih tinggi karena bantal yang terlalu tebal. Posisi ini sering membuat tulang leher jadi tertarik.

Tidur dengan mengangkat kaki kiri atau kanan juga harus dihindari dan bukan merupakan posisi tidur yang baik. Selain kurang nyaman, juga bisa menimbulkan dampak negatif di tulang belakang.

Tips memilih kasur

Faktor paling utama yang memiliki pengharuh besar terhadap kesehatan saat memilih kasur adalah bahan pembuatannya. Selain itu pemilihannya juga harus disesuaikan dengan kebiasaan pemakai. Misalnya bagi mereka yang suka tidur tengkurap. Meski posisi ini tidak baik, untuk meminimalkan efek negatif yang ditimbulkan sebaiknya memilih kasur busa karena material tersebut lebih mudah menyesuaikan dengan posisi tubuh.

Sedangkan untuk mereka yang kegiatan tidurnya tidak banyak melakukan gerakan, maka pilihan terbaiknya adalah memakai kasur dari bahan latex. Kemudian untuk kasur jenis springbed, sangat tepat digunakan bagi anggota keluarga yang suka tidur dalam posisi telentang dan sering bergerak.

Hal lain yang perlu diperhatikan, setiap kasur pasti memiliki ukuran ketebalan yang berbeda-beda dan faktor ini juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan tidur. Jika tubuhnya tergolong kurus, pilih kasur dengan tingkat ketebalan dan keempukannya yang sedang-sedang saja. Sebaliknya jika tubuhnya gemuk, harus memakai kasur yang lebih tebal tapi dengan tingkat keempukan yang lebih keras agar mampu menopang berat tubuh.

Terakhir, lengkapi kasur dengan sprei, bantal dan guling sesuai kebutuhan. Khusus untuk selimut, ketika cuaca sedang panas cukup menggunakan selimut tipis saja tidak usah terlalu tebal agar tidak kegerahan.

Melalui pemilihan kasur secara pas, kualitas tidur akan menjadi lebih sempurna dan ketika bangun tubuh selalu dalam kondisi segar dan bugar. Sehingga semua penghuni rumah di Perumahan Fajar Indah Solo senantiasa sehat dan selalu diliputi oleh kegembiraan.