Detail Info

Inilah Beberapa Teknik Penting Membersihkan Rumah di Perumahan Fajar Indah Solo


 

Hari libur tidak harus selalu diisi dengan piknik, bermain maupun kegiatan lainnya yang bersifat hura-hura. Tak ada salahnya waktu senggang tersebut dipakai untuk membersihkan rumah sendiri. Apalagi untuk mereka yang bertempat tinggal di Perumahan Fajar Indah Solo. Meski lingkungan sekitarnya termasuk bersih, tetapi tidak jarang ada kotoran yang harus dihilangkan agar tetap sehat.

Alur pembersihan

Prinsip paling utama yang tidak boleh terlupakan saat membersihkan rumah adalah menggunakan alur dari atas kebawah. Sebagai langkah awal, bersihkan lebih dulu bagian plafon, setelah itu bisa dilanjutkan ke are lain misalnya dinding lalu diteruskan ke perabot ruang atau furniture. Kemudian yang terakhir adalah lantai. Untuk membersihkan plafon, salah satu peralatan yang bisa digunakan adalah kemoceng. Agar lebih mudah, pilih kemoceng dengan gagang panjang.

Area dinding

Setelah plafon terlihat bersih, langsung menuju dinding. Jika dindingnya merupakan dinding batu bata biasa yang dilapisi dengan aci dan cat dinding, pembersihkannya cukup dilakukan dengan air bersih saja dengan lap. Tetapi apabila debu yang menempel terlihat banyak, sebaiknya dibersihkan lebih dulu memakai peralatan yang sama yaitu kemoceng.

Bagian lain dari dinding yang juga harus dibersihkan adalah pintu dan jendela. Khusus untuk pintu atau jendela yang terbuat dari bahan kayu, pembersihannya harus menggunakan cairan khusus agar tidak merusak teksturnya. Apalagi jika kedua jenis elemen tersebut tidak dilapisi dengan cat warna melainkan pelitur.

Sedangkan untuk jendela dan pintu dari kaca, pembersihannya bisa dilakukan secara lebih mudah menggunakan wiper. Untuk menghasilkan kilau kaca yang semakin kinclong pembersihannya juga harus memakai cairan khusus pembersih kaca kemudian dikeringkan dengan lap kaca.

Jika tidak sedang tidak mempunyai cairan pembersih kaca, dapat diganti dengan metode lain yaitu memanfaatkan kertas koran bekas. Kertas jenis ini terbukti sangat ampuh membersihkan kaca dan hasilnya tidak kalah memuaskan.

Perabot dan furniture

Dari dinding, pintu dan jendela langsung dilanjutkan pada semua jenis perabot ruang dan furniture. Perlu diperhatikan disini, masing-masing perabot atau furniture memiliki teknik pembersihan yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan material pembuatannya.

Misalnya untuk kursi sofa yang dilapisi dengan kain beludru, sebaiknya memakai vacuum cleaner. Termasuk juga kasur, karpet dan perabot lain dari bahan sejenis. Jangan menggunakan kemoceng karena justru akan membuat debu dan kotoran makin menyebar kemana-mana.

Bagian lantai

Selanjutnya yang terakhir adalah bagian lantai dengan cara dipel jika lantai tersebut hanya berupa lantai keramik. Namun apabila lantainya merupakan lantai kayu, lantai marmer dan lainnya tentu harus disesuaikan dengan jenis materialnya. Masing-masing mempunyai metode perawatan yang berbeda-beda.

Meski terasa melelahkan, akan tetapi jika kegiatan membersihkan rumah ini dilakukan dengan hati gembira pasti akan terbayar lunas rasa capai tersebut. Rumah di Perumahan Fajar Indah Solo akan menjadi hunian yang selalu menimbulkan rasa senang dan betah untuk semua anggota keluarga.