Detail Info

Cara Pintar Menciptakan Suasana Rapi di Rumah Mungil


Dibutuhkan beberapa cara khusus agar bisa tercipta suasana rapi dalam rumah, apalagi jika luasnya tidak terlalu besar. Masalah yang paling sering muncul terkait dentan penataan ruang dalam rumah mungil adalah banyaknya perkakas yang harus dimasukan semuanya. Tapi apabila sudah tahu cara dan tekniknya, pasti semuanya bisa terselesaikan dengan baik.

Pemilihan perabot

Mempunyai perabot dalam jumlah yang banyak, sementara ukuran rumahnya kecil saja hanya akan membuat sistem penataan jadi semakin merepotkan. Karena itu penghuni harus berani mengambil sikap bijaksana dan hanya mengutamakan perabot yang benar-benar dibutuhkan.

Jika perlu, pilih perabior atau furniture yang sifatnya multi fungsi. Misalnya apabila ingin memakai lemari, pilih ukurannya yang agak besar sehingga bisa digunakan untuk menyimpan banyak barang sekaligus.

Selain itu jangan menggunakan furniture yang bentuknya bulat atau tebal, karena akan memakan ruang lebih banyak. Untuk warnanya, jangan terlalu banyak kombinasi karena dapat menimbulkan kesan makin sempit dalam ruangan.

Konsep penataan

Lanjut pada penataan, perabot harus selalu diletakkan dalam posisi terbaik. Sehingga ruang dapat terlihat lebih lapang dan rapi. Misalnya untuk ruang tamu, sebaiknya menggunakan kursi sofa dan dipasang secara merapat pada dinding agar penggunaan ruang bisa diminimalkan. Selain itu jangan meletakan perangkat tempat duduk tersebut di area-area yang terpisah.

Mengurangi penggunaan sekat

Sekat memiliki manfaat untuk memperjelas dan mempertegas fungsi dari setiap ruang. Namun jika terlalu banyak, pembatas tersebut bisa menghadirkan aroma sempit dalam rumah. Jadi pemakaian elemen ini harus dibatasi. Misalnya untuk ruang keluarga, tidak perlu dipisah dengan ruang makan dan dapur.

Fungsi dari masing-masing ruang tersebut dapat dibedakan dengan teknik memakai lantai dengan warna yang berbeda-beda. Jika lantainya sudah terlanjur dibuat dalam satu warna saja, bisa ditutup dengan karpet, khususnya pada ruang keluarga.

Pemilihan warna dinding

Dinding merupakan salah satu elemen penting yang harus selalu diperhatikan saat menata rumah. Terlebih lagi untuk urusan yang berhubungan dengan warna. Bagaimanapun juga, warna memiliki pengaruh besar terhadap nilai kerapian dalam ruang rumah atau interior.

Pada rumah mungil, warna terbaik yang bisa diaplikasikan pada dinding adalah warna-warna yang sifatnya netral. Contohnya antara lain biru, putih, hijau muda dan kuning. Pemilihan warna-warna ini dapat menghadirkan kesan lebih lapang dalam ruangan. Hindari warna gelap, karena warna ini selalu memunculkan kesan sempit.

Elemen pintu dan jendela

Selain dinding, pintu dan jendela juga punya peran penting dalam menciptakan kesan rapi dalam rumah kecil. Pemilihan pintu dan jendela dengan ukuran besar dalam jumlah sedikit akan menjadi lebih bagus dibanding penggunaan jendela yang jumlahnya banyak namun ukurannya kecil-kecil saja.

Melalui konsep semacam ini, ruang rumah akan terasa lebih lapang. Selain itu yang lebih penting lagi adalah, sirkulasi udara dan pencahayaan alami bisa berjalan lancar. Sehingga ruang tidak akan terasa pengap dan nyaman.