Detail Info

Wahai Penikmat Keindahan Arsitektur, Inilah Gedung Parlemen Paling Cantik di Dunia


 

Setiap negara di seluruh dunia yang menjalankan sistem demokrasi selalu mempunyai perwakilan rakyat atau parlemen. Mereka sering mengadakan acara rapat di suatu gedung yang sesuai dengan fungsinya, dinamakan gedung parlemen. Gedung parlemen ini seringkali dibuat dengan arsitektur istimewa karena menjadi simbol atas kedaulatan rakyat.

  1. The Hungaria Parliament, Hungaria

The Hungaria Parliament di Hungaria adalah salah satu contoh gedung parlemen yang mempunyai desain arsitektur tercantik di seluruh dunia. Gedung ini merupakan bangunan kuno yang didirikan pada tahun 1904 dan terletak persis di tepian sungai Dabube di Pest dengan airnya selalu mengalir jernih.

Tidak hanya indah, The Hungaria Parliement juga menjadi gedung terbesar sekaligus tertinggi di negara tersebut. Bahkan menurut catatan sejarah yang ada, parlemen di negara tersebut merupakan parlemen yang usianya paling tua di benua Eropa.

  1. Palace of Westminster, Inggris

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Inggris pasti berusaha menyempatkan diri untuk berkunjung ke gedung Palace of Westminster yang terletak di kota London di sepanjang aliran Sungai Themes. Bangunan dengan gaya arsitektur art deco ini mempunyai penampilan yang begitu cantik, anggun dan megah. Selain dipakai sebagai tempat untuk pertemuan-pertemuan resmi kenegaraaan, Palace of Wesminster juga difungsikan sebagai gedung parlemen oleh para wakil rakyat.

  1. The Capitol, Amerika Serikat

Sebagai negara adidaya yang selalu mengklaim dirinya sebagai kampiun demokrasi, sudah pasti Amerika Serikat memiliki gedung parlemen yang sangat reprensentatif. Gedung wakil rakyat ini dinamakan The Capitol dan terletak di Capitol Hill, Washington DC. Bangunan ini didirikan sejak tahun 1793 dan selesai pada tahun 1800. Gaya arsitekturnya terlihat begitu megah karena bagian puncaknya dilengkapi dengan kubah ukuran besar.

  1. The Reichstag, Jerman

The Reichstag merupakan sebuah bangunan kuno yang berada di kota Berlin, Jerman dan didirikan pada tahun 1894. Pada masa tersebut, bangunan ini dipakai sebagai gedung pertemuan parlemen kekaisaran Jerman. Kemudian sejak tahun 1999 sampai sekarang, fungsinya tetap sebagai gedung parlemen. Namun anggotanya bukan berasal dari kekaisaran lagi, melainkan dipilih langsung oleh rakyat melalui partai politik. Para anggota parlemen ini dinamakan Bundestag.

Selain keindahan arsitekturnya, daya tarik lain yang dimiliki oleh The Reichstag adalah kubahnya yang terbuat dari bahan kaca. Karena terbuat dari material transparan, kerangka beserta konstruksi kubah tersebut terlihat dengan jelas. Selain itu dari kubah ini pula, dapat dinikmati keindahan kota Berlin.

  1. Centre Block, Kanada

Posisi terakhir sebagai gedung parlemen paling cantik di dunia ditempati oleh Centre Block yang terletak di kota Ottawa, Kanada. Gaya arsitekturnya yang begitu menawan menjadikan gedung ini sering dijadikan obyek wisata bagi wisatawan luar negeri yang sedang berlibur di Kanada. Apalagi gedung sidang wakil rakyat ini dilengkapi sebuah menara jam besar yang dinamakan Peace Tower, sehingga keindahannya makin terlihat nyata dan sempurna.