Detail Info

Tips Milenial Agar Bisa Beli Rumah


 

Tidak bisa dipungkiri, harga rumah terus mengalami kenaikan dan hal ini sering membuat milineal jadi kehilangan semangat untuk memiliki tempat hunian sendiri. Tapi apabila ditelaah lebih lanjut, sebenarnya milenial tetap punya kesempatan beli rumah. Apalagi jika sudah punya keinginan yang begitu kuat dan mengetahui beberapa tips terpenting yang perlu dijalankan.

  1. Membuat rekening tabungan khusus untuk bayar DP

Hal utama yang harus dipikirkan milenial sebelum memutuskan membeli rumah adalah uang muka atau DP. Adapun langkah terbaik untuk mendapatkannya yaitu dengan cara menabung. Hanya saja yang sering menjadi masalah adalah, sebagian besar milenial kurang disiplin dalam melaksanakan langkah ini karena gaya hidup mereka yang seringkali membutuhkan biaya tinggi.

Karena itu sebaiknya dibuat rekening tabungan khusus untuk membayar DP tersebut. Setiap bulan pihak perbankan akan memotong secara otomatis dana yang tersimpan dalam tabungan. Sehingga meski sifatnya sedikit memaksa, tetapi lama kelamaan uang untuk membayar DP rumah akan lebih cepat terkumpul.

  1. Mengambil KPR dengan tenor panjang

Sebagai generasi yang usianya masih sangat muda, tentu saja milenial memiliki usia pensiun yang lebih lama. Sehingga mereka juga mendapatkan kesempatan mengambil KPR dengan tenor lebih panjang. Saat ini sudah ada bank yang berani memberi kredit KPR dalam jangka waktu maksimal hingga 25 tahun.

Namun pemberian kredit dengan tenor yang sangat panjang ini hanya diberlakukan bagi generasi milenial saja. Karena itu apabila usianya masih berada dibawah 35 tahun, sangat disarankan untuk memanfaatkan fasilitas tersebut agar nilai angsuran yang harus dibayar setiap bulan menjadi lebih ringan dan tidak terlalu memberatkan anggaran.

  1. Bekerja pada perusahaan yang bisa memberi fasilitas KPR

Sudah pasti, generasi milenial selalu punya kesempatan lebih tinggi untuk bekerja pada perusahaan besar yang bisa memberi fasilitas KPR bagi karyawannya. Apalagi jika milenial tersebut memiliki ketrampilan atau keahlian khusus sehingga dapat membuat perusahaan menjadi semakin maju dan cepat berkembang.

Jadi saat mengajukan lamaran kerja di suatu perusahaan, jangan hanya melihat besarnya gaji yang  dibayarkan setiap bulan saja. Satu hal yang tidak boleh dilupakan apabila ingin mempunya rumah sendiri adalah, perusahaan tersebut bisa membantu karyawannya untuk memperoleh kredit KPR.

  1. Menyisihkan 30% pendapatan setiap bulan

Selanjutnya untuk milenial yang bekerja secara mandiri atau wiraswasta, harus tetap percaya diri untuk membeli rumah sendiri. Caranya, harus selalu berusaha untuk menyisihkan sekitar 30% dari pendapatan yang diperoleh setiap bulan diluar pembuatan rekening tabungan khusus untuk bayar DP sebagaimana yang disebutkan diatas.

Apabila sudah terkumpul dalam jumlah yang banyak, nantinya dana tersebut bisa digunakan untuk membayar kebutuhan lain. Misalnya kelebihan tanah, biaya balik nama, IMB, jasa notaris, pajak dan sebagainya.

Jika semua tips diatas selalu dijalankan secara konsekuen, niscaya cita-cita dan keinginan milenial untuk membeli dan memiliki rumah sendiri dapat terwujud dan tidak hanya menjadi impian belaka.