Detail Info

Tips Menata Rumah Minimalis Agar Terlihat Longgar


tips-menata-rumah-minimalis-agar-terlihat-longgar

Rumah dengan ukuran besar memang bisa membuat penghuninya lebih leluasa mengatur tata letak ruang dan penempatan perabotnya. Meski demikian tidak berarti rumah berukuran kecil sulit untuk ditata, termasuk rumah model minimalis. Bahkan saat ini rumah model minimalis sering dijadikan pilihan utama karena dapat diatur sedemikian rupa agar telihat lebih luas dan longgar.

Menghindari warna putih pada cat

Banyak yang berpikir, apabila dinding rumah dikasih warna putih bisa memunculkan suasana lebih sejuk dan luas. Pemikiran ini merupakan anggapan yang salah. Warna putih justru akan membuat ruang rumah tampak sempit dan kecil.

Apalagi jika lampunya hanya bersinar redup saja. Lampu yang cahayanya redup dalam ruang berwarna putih akan menghasilkan bayangan yang membuat ruang nampak kotor dan suram.

Oleh karena itu sebaiknya menggunakan cat selain putih untuk memberi warna pada dinding dengan penerangan yang cukup. Tujuannya agar bayangan yang muncul bisa terlihat makin jelas sehingga suasananya yang muncul jadi longgar dan nyaman ditempati.

Menggunakan cermin

Tips selanjutnya untuk menata rumah minimalis agar terlihat longgar adalah memakai media cermin. Dengan adanya cermin dalam ruang, diperoleh sumber cahaya baru melalui pantulan dari cermin tersebut sehingga ruang akan terasa makin longgar.

Agar bisa berfungsi secara lebih maksimal, sebaiknya cermin diletakan pada salah satu sudut ruangan. Namun selain itu masih ada alternatif lain yaitu di belakang furnitur. Pilihlan cermin besar tapi ukurannya tetap harus tetap proposional dengan luas dinding dan ruang.

Perabot yang memantulkan cahaya

Jika tidak tertarik memakai cermin, media ini bisa diganti dengan furniture atau perabot yang memantulkan cahaya. Misalnya vas bunga dari aluminium atau stainless steel. Perabot seperti ini juga dapat memunculkan dampak yang sama, membuat ruang jadi terlihat lapang dan luas. Namun tentu saja hasil ini bisa dirasakan setelah diberi sistem pencahayaan yang cukup.

Ukuran furnitur

Dibanding banyak furniture dengan ukuran kecil-kecil, lebih bagus memilih satu furnitur saja guna mengisi ruang ukuran kecil dalam rumah gaya minimalis. Misalnya lampu gantung atau karpet ukuran besar. Penggunaan furnitur dengan teknik seperti ini juga dapat membuat ruang terasa lebih longgar. Selain itu tidak akan menimbulkan kerepotan jika ingin merubah konsep desain interiornya.

Lukisan besar

Keberadaan suatu lukisan dalam ruang sering jadi titik pandang utama ketika ada tamu yang datang berkunjung. Artinya lukisan bisa dijadikan media untuk mengalihkan pandangan mata seseorang yang masuk dalam ruang agar tidak merasakan apabila ruang tersebut tidak terlalu besar. Pilih lukisan ukuran besar dengan gambar unik, indah dan mempunyai daya tarik lebih tinggi untuk dinikmati.

Itulah beberapa tips menata rumah minimalis agar terlihat longgar dan luas. Semoga bisa jadi bahan referensi, terutama para pemilik atau penghuni rumah ukuran kecil.