Detail Info

Tips Membeli Rumah Dengan Gaji 3 Jutaan


 

Setiap saat harga rumah selalu mengalami kenaikan dan hal ini sering menimbulkan kesulitan bagi masyarakat yang ingin memilikinya. Apalagi untuk mereka yang hanya memiliki pendapatan atau gaji pas-pasan saja, tidak lebih dari 3 juta rupiah per bulan. Akan tetapi apabila mau berusaha keras dan menjalankan beberapa tips berikut ini, besar kemungkinan keinginan tersebut bisa tercapai.

  1. Menentukan anggaran

Memahami kondisi finansial atau keuangan sendiri merupakan sebuah langkah pendahuluan untuk membeli rumah sendiri. Dari perhitungan ini, bisa diketahui besarnya dana yang dapat disediakan. Sehingga nantinya akan diketahui pula tipe rumah yang sanggup dibeli. Makin kecil tipenya, tentu lebih terjangkau harganya.

  1. Menentukan waktu

Setelah memahami kemampuan finansial dan kondisi keuangan, tentukan waktu secara pasti kapan ingin membeli rumah karena hal ini berhubungan erat dengan urusan pembayaran. Misalnya uang muka, angsuran per bulan, pajak, IMB dan teknik menambah penghasilan agar beban pengeluaran menjadi lebih ringan.

  1. Memastikan tidak punya hutang

Pendapatan sebesar 3 juta rupiah memang bukan merupakan pendapatan besar. Meski demikian, apabila ingin membeli rumah sendiri, harus mampu menerapkan pola hidup hemat agar terhindar dari jeratan hutang. Tujuannya tidak lain adalah agar bisa fokus membayar angsuran KPR saja dan tidak terbebani oleh tanggung jawab keuangan lainnya.

  1. Melakukan investasi

Selain rajin menabung, harus disertai tindakan lain agar sebagian dari uang yang ditabung tersebut bisa menghasilkan pendapatan pasif melalui investasi. Sehubungan dengan tips ini, harus dipahami lebih dulu bahwa yang namanya investasi pasti mempunyai resiko kerugian. Meski demikian ada jenis investasi yang resiko kerugiannya lebih kecil yaitu investasi emas dan reksadana.

  1. Memilih KPR dengan bunga angsuran paling rendah

Setelah dana untuk membayar DP dan biaya lainnya sudah terkumpul, cari KPR melalui bank yang bunga angsurannya paling rendah. Saat ini pemerintah sudah menyediakan fasilitas khusus untuk masyarakat kelas bawah melalui skema FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan). Tidak perlu sungkan menggunakan fasilitas tersebut sepanjang memenuhi persyaratan.

  1. Penentuan lokasi

Agar bisa membeli rumah dengan harga lebih murah dan angsurannya sesuai kemampuan, jangan memaksakan diri untuk memilih lokasi yang berada di pusat kota. Rumah yang letaknya berada di daerah pinggiran tetap layak dipilih asal mudah diakses.

  1. Gaya desain rumah

Setiap daerah memang memiliki harga jual rumah yang berbeda-beda. Beberapa faktor yang paling berpengaruh antara lain lokasi, jenis material yang digunakan untuk membangun, luas bangunan dan sebagainya.

Selain itu masih ada satu hal yang pengaruhnya juga tidak kalah besar yaitu gaya desain rumah itu sendiri. Jika ingin mendapatkan tempat hunian dengan harga lebih murah, pilih rumah dengan gaya minimalis.

Setelah memahami semua tips diatas, pasti akan menjadi lebih percaya diri membuat perencanaan membeli rumah sendiri meski hanya berpenghasilan sekitar 3 juta rupiah saja per bulan.