Detail Info

Mengenal Atap Onduline dan Kelebihannya


 

Fungsi dari atap adalah untuk memberi perlindungan terhadap bangunan dan penghuni rumah dari hujan dan panas matahari. Namun selain itu atap juga mempunyai peran besar terhadap keindahan arsitektur hunian. Karena itu pemilihannya harus dilakukan secermat mungkin dan salah satu yang direkomendasikan adalah atap onduline.

Sekilas tentang atap onduline

Atap onduline merupakan atap yang bentuknya berupa lembaran bergelombang dan memiliki sifat ramah terhadap lingkungan. Material utama pembuatannya terdiri dari serat selulosa yang didapat dari beberapa macam sumber seperti kayu pulp, kertas daur ulang yang ditambahi dengan mineral adiktif, aspal dan resin.

Atap ini sangat cocok dipasang di rumah hunian yang lokasinya berada di kawasan pesisir pantai atau daerah lain yang rawan terhadap bencana alam gempa bumi. Modelnya terlihat sederhana tapi tetap mampu menghadirkan kesan elegan dan mewah pada hunian, baik yang memakai arsitektur minimalis atau modern dan klasik atau etnik.

Kelebihan atap onduline

Penggunaan atap onduline bisa mendatangkan beberapa keuntungan sekaligus. Pertama, atap ini memiliki ketahanan yang sangat bagus sehingga lebih tahan lama. Di kawasan Eropa dengan suhu udara yang cenderung dingin, atap onduline dapat bertahan selama sekitar 50 tahun. Sedangkan di daerah tropis, ketahannya mencapai kurang lebih 30 tahun.

Bobotnya sangat ringan, hanya tiga kilogram saja untuk setiap satu meter persegi. Dengan bobot yang ringan tersebut, atap ini mempunyai sifat yang begitu fleksibel sehingga mudah dipasang di berbagai jenis kerangka seperti baja ringan, kayu dan sebagainya.

Apabila pemasangannya dilakukan secara tepat, resiko terjadinya kebocoran dapat dikatakan tidak ada. Apalagi atap ini bersifat anti air atau waterproft sehingga tidak akan menimbulkan rembesan air meski sering terkena siraman hujan. Selain itu atap onduline juga bebas karat dan korusi.

Kelebihan berikutnya dari atap onduline adalah mampu menyerap air secara sempurna. Jadi ketika hujan turun dengan deras, tidak akan menimbulkan suara bising. Sehingga penghuni tetap dapat melakukan segala aktivitas dan kegiatan dengan tenang dan nyaman.

Kemudian apabila terjadi gempa bumi, resiko kecelakaan fatal terhadap penghuni rumah juga bisa diminimalkan. Alasannya adalah, karena atap onduline punya bobot ringan dan bentuknya berupa lembaran sehingga tidak mudah jatuh dan tetap menempel pada konstruksi saat terkena goncangan.

Pada masa sekarang, sangat mudah sekali menemukan atap onduline di toko-toko bahan bangunan. Pilihan warnanya sangat bervariasi, sehingga dapat disesuaikan dengan model atau gaya arsitektur bangunan. Sebagian besar dari atap ini telah dilengkapi sertifikat SNI dan biasanya setiap pabrikan berani memberi jaminan atau garansi antara 15 hingga 20 tahun.

Tips penting

Peralatan yang harus disediakan untuk memasang atap onduline terbilang sederhana, hanya berupa paku dan sekrup saja. Meski demikian pekerjaan ini sebaiknya dilakukan oleh tukang yang benar-benar ahli karena memerlukan kecermatan dan perhitungan yang sangat tinggi. Terutama terhadap hal-hal yang berhubungan dengan sudut kemiringan dan sebagainya.