Detail Info

Mengapa Membeli Rumah Dianggap Sebagai Investasi yang Baik?


investasi membeli rumah

Membeli rumah memang selalu membutuhkan dana yang sangat besar. Tetapi dibalik itu, kegiatan ini juga dapat dianggap sebagai sebuah investasi dengan prospek yang sangat bagus. Bahkan tidak sedikit yang mengatakan jika investasi ini memiliki berbagai macam kelebihan.

Resiko yang rendah

Meski butuh biaya yang tergolong tinggi untuk membeli rumah, namun apabila dijadikan investasi nilai resikonya justru sangat rendah. Menurut pengalaman selama ini, harga tanah dan bangunan itu terus mengalami kenaikan dan sangat jarang sekali terjadi penurunan. Hal inilah yang membuat investasi perumahan dan properti sangat cocok dipilih oleh mereka yang kurang berani berhadapan dengan resiko besar.

Mampu memberi nilai tambah

Kelebihan berikutnya, properti bisa memberi nilai tambah dalam jumlah yang besar. Nilai tambah ini bersumber dari penggunaan bangunan rumah tersebut untuk melakukan kegiatan bisnis lainnya. Misalnya dengan cara dikontrakan, dijadikan tempat kost dan sebagainya. Terlebih lagi jika letak atau posisinya berada di daerah strategis, nilai tambahnya akan menjadi semakin tinggi.

Dapat dijadikan jaminan atau agunan

Setelah berhasil membeli rumah dan kemudian ingin membuka bisnis lain, kebutuhan modalnya mudah sekali didapat. Caranya tinggal mengajukan kredit pada bank atau lembaga keuangan lain dan menjadikan sertifikat rumah tersebut sebagai agunannya. Angsurannya dapat dicicil dari profit atas bisnis yang dijalankan.

Tahan terhadap inflasi

Di semua negara baik yang telah maju maupun masih dalam taraf berkembang seperti di Indonesia, inflasi atau penurunan mata uang merupakan sebuah peristiwa yang sangat sering terjadi. Hal ini membuat para investor harus melakukan perhitungan secara cermat agar bisa mendapatkan profit ketika sedang menjalankan suatu usaha.
Beda dengan membeli rumah atau investasi properti, laju inflasi tidak terlalu berpengaruh. Nilai atau harga jual kembali tanah dan bangunan rumahnya lebih tinggi dibanding dengan laju inflasi. Sehingga jika suatu saat ingin dijual kembali, nilai keuntungannya juga lebih besar.

Kebanggaan atas kepemilikan

Bisa dikatakan, membeli rumah merupakan sebuah kegiatan investasi yang wujudnya bisa terlihat secara nyata. Bahkan nama pembeli atau pemilik rumah tersebut juga dicantumkan dalam sertifikat tanahnya. Sehingga, investasi ini dapat memunculkan rasa bangga kepada orang lain.

Tidak membutuhkan keahlian khusus

Kelebihan lain dari investasi properti atau membeli rumah adalah, kegiatan ini tidah memerlukan keahlian khusus. Kebutuhan utamanya hanya berupa ketersediaan dana atau modal untuk membeli. Setelah itu segala macam urusan transaksi pembeliannya akan diselesaikan oleh notaris. Kemudian jika ingin menjadikan rumah tersebut sebagai tempat usaha, dapat melibatkan orang lain yang lebih ahli.

Itulah beberapa alasan yang membuat pembelian ruamah sering dianggap sebagai sarana investasi yang sangat baik dan menarik. Karena itu bagi yang sudah memiliki anggaran mencukupi, sangat disarankan untuk membeli rumah secepatnya. Apalagi saat ini banyak sekali tersedia sarana kredit perumahan (KPR) dengan bunga dan angsuran yang ringan.