Detail Info

Cara Paling Aman Melakukan Instalasi Listrik di Rumah di Perumahan Fajar Indah Solo


 

Saat membeli rumah di Perumahan Fajar Indah Solo, Jawa Tengah pasti pembelian tempat hunian ini sudah dilengkapi dengan sistem instalasi listrik. Meski demikian tidak ada salahnya mengetahui secara aman dan tepat menjalankan kegiatan tersebut. Tujuannya adalah ketika ada renovasi rumah atau terjadi kerusakan, dapat menambah dan memperbaikinya sendiri.

Mengetahui denah bangunan rumah

Saat melakukan instalasi listrik, harus bisa menempatkan kotak MCB (miniature Circuit Breaker), sakelar, lampu dan stopkontak sesuai dengan denah rumah. Tujuannya agar pemasangannya dapat pas posisinya dan sesuai kebutuhan. Misalnya untuk sakelar sebaiknya dipasang di bagian samping pintu ruang, agar terhindar dari kesalahan yang membahayakan.

Penggunaan kabel

Semua jenis kabel yang digunakan untuk instalasi listrik dalam rumah harus merupakan kabel yang telah dilengkapi dengan standar SNI. Sehingga keamanannya lebih terjamin dan tidak mudah rusak atau terkelupas. Kabel ini terdiri dari beberapa jenis. Misalnya kabel yang ukuran diamemeternya 2,5 mm dapat mengalirkan daya listrik sebanyak 5 ribu watt dan cocok dipakai pada rumah dengan ukuran luas maksimal 70 meter persegi.

Sedangkan kabel yang dipakai untuk memasang perabot rumah tangga khususnya lampu dengan daya kurang dari 100 watt, biasanya yang dipakai adalah yang berdiameter 1,5 mm. Kabel ini juga dapat dipakai untuk memasang stop kontak.

Kemudian ketika memasang kabel, harus dibungkus lebih dulu memakai pipa conduit yang lentur agar mudah diganti dengan yang baru jika ada kerusakan. Selain itu penggunaan pipa conduit juga bertujuan untuk menjaga kestabilan aliran listrik meski kabel terkena gencetan.

Pembagian alur kabel

Bagikan jalur kabel menurut kebutuhan. Misalnya untuk pemasangan lampu, pompa air, kulkas, mesin cuci, AC dan sebagainya serta tidak lupa memasang MCB cadangan. Perlu diperjelas disini, MCB adalah sebuah perabot instalasi listrik yang berperan sebagai pemutus aliran listrik di suatu grup aliran listrik ketika penggunaan dayanya terlalu berlebihan atau terjadi korsleting.

Perangkat rumah tangga yang membutuhkan daya listrik besar

AC, water heatar dan pompa air merupakan beberapa contoh perangkat rumah tangga yang selalu memerlukan daya listrik besar. Karena itu harus menggunakan jalur listrik khusus agar lebih aman dan tidak menimbulkan gangguan terhadap pemakaian perabot listrik lainnya. Pembagian ini juga untuk meminimalkan resiko kerusakan kabel.

Grounding dan menggunakan steker berkualitas

Satu hal lagi yang tidak boleh terlupakan saat melakukan instalasi listrik adalah selalu menerapkan mekanisme grounding. Langkah ini bertujuan untuk menghindari terjadinya sengatan listrik ketika ada sambaran petir atau kejadian lain yang membuat tegangan listrik tiba-tiba mengalami kenaikan tinggi.

Sebagai tips tambahan, lakukan pengecekan secara berkala sehingga dapat segera diketahui dan diperbaiki jika ada bagian instalasi yang rusak. Kemudian apabila memakai jasa kontraktor listrik di Perumahan Fajar Indah Solo, pilih kontraktor resmi yang telah memiliki sertifikat dari PLN.